Varian Motor Husqvarna yang Meluncur di Indonesia

 4182 views

Husqvarna, mungkin sebuah nama yang masih cukup asing bagi penggemar otomotif di . Namun, bagi mereka yang datang dari daratan Eropa, sudah pasti mengenal nama Husqvarna dengan baik.

Husqvarna adalah sebuah merek dagang yang bisa dikatakan sebagai salah satu yang tertua di dunia. Pabrikan yang berbasis di Huskvarna, Swedia ini telah merilis motor pertamanya tahun 1903 silam, atau lebih dari seabad yang lalu.

Pabrikan ini memang lebih sering menelurkan motor-motor di segmen motocross dan enduro. Bahkan pada sekitar tahun 1960 hingga 1970-an, Husqvarna kerap memenangkan kejuaraan di semua divisi 125cc, 250cc, 350cc, hingga 500cc, baik itu di kelas motocross maupun enduro.

Di Indonesia sendiri, Husqvarna telah merilis delapan motor, setidaknya hingga tahun 2015 lalu. Delapan tersebut terbagi menjadi enam seri enduro dan dua seri motocross. Berikut beberapa motor rilisan Husqvarna.

TE 125

Dengan beban hanya 96 kg (tidak termasuk bahan bakar), TE 125 merupakan motor enduro paling ringan. Motor ini mengusung fitur premium termasuk tangki bahan bakar yang cukup besar (11 liter) untuk kategori motor enduro, setang dengan lapisan perak berpadu neken aluminium yang berstandar tinggi, hingga suspensi WP dengan presisi serta produksi modern yang menawarkan tingkat kinerja terbaik.

Untuk sektor dapur pacu, TE 125 mengusung 2-stroke, 1 silinder, berpendingin cairan, dengan kapasitas 124,8cc, yang mampu memuntahkan tenaga hingga 38 hp dan torsi yang kuat pada setiap putaran berkat katup canggih. Di Indonesia, motor yang sangat cocok untuk segala medan dan diperuntukkan kalangan muda ini dibanderol di kisaran harga Rp117 jutaan.

TE 250

Selain motor berkapasitas mesin 125cc, Husqvarna juga merilis motor enduro dengan kapasitas mesin lebih tinggi, yaitu TE 250. TE 250 merupakan motor enduro yang dibuat dengan peralatan canggih dan berteknologi tinggi, seperti katup listrik yang disesuaikan dengan CDI, selain penggunaan hadlebar map switch dan Boyseen reed valve.

Fitur premium lainnya yang tersemat di motor ini adalah tangki bahan bakar 11 liter, tool-less air filter yang membuat perawatan filter udara menjadi, serta electric starter yang memudahkan untuk menghidupkan mesin terutama di medan yang sulit. Selain itu, TE 250 juga dipersenjatai fitur Brembo hydraulic cluctch terbaru, yaitu kopling berkualitas tinggi yang menjamin modulasi yang sempurna.

Untuk sektor dapur pacu, TE 250 mengusung mesin berkapasitas 249cc, 2-stroke, water-cooled, 1 silinder. Motor ini mampu menyemburkan tenaga hingga 52 hp, yang dijalankan melalui sistem transmisi 6 percepatan. Di Tanah Air, motor ini dibanderol dengan harga Rp132 jutaan.

FE 501

Inilah motor enduro Husqvarna dengan mesin terkuat yang pernah diluncurkan di Indonesia. FE 501 hadir dengan fitur premium seperti electric starter, tool-less air filter access, penutup kursi baru, hingga blue anodized rear sprocket yang merupakan gigi baja berkekuatan tinggi dan memiliki kualitas tiga kali lebih bagus dibanding sprocket aluminium.

Untuk sektor dapur pacu, FE 501 mengusung mesin berkapasitas 510,4cc, 1 silinder, 4-stroke, berpendingin cairan. Dengan kapasitas mesin tersebut, FE 501 mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 58 hp dan mudah diakses berkat kekuatan pengiriman linear. Di Tanah Air, motor ini dibanderol dengan harga Rp157 jutaan.

TC 85

Selain motor enduro, Husqvarna juga merilis motocross untuk pasar Tanah Air, salah satunya TC 85. Motor ini merupakan varian motocross yang lincah dan gesit, dengan rangka tangguh untuk kenyamanan pengendara.

TC 85 hadir dalam dua varian berdasarkan ukuran bannya, yaitu TC 85 17/14 dan TC 85 19/16. Namun kedua ini mengusung fitur yang mirip, mulai kerangka baja chromoly dan aluminium yang ringan, aluminium subframe belakang yang dapat dibongkar pasang, hingga suspensi PDS belakang yang menawarkan stabilitas dan presisi.

Beralih ke dapur pacu, TC 85 dipersenjatai mesin berkapasitas 84,93cc, 2-stroke, 1 silinder, serta berpendingin cairan. Kinerja mesin tersebut disalurkan melalui sistem transmisi 6 percepatan. Untuk pasar Indonesia, TC 85 dilepas dengan harga Rp81 jutaan.

FC 250

Motocross lain dari Husqvarna yang mengaspal di Indonesia adalah FC 250. FC 250 mengusung fitur mesin yang didesain ulang dengan menggunakan massa-sentralisasi dan pengurangan beban sebagai tujuan utamanya. Semua komponen utama telah direposisi, crankshat telah ditinggikan 6 mm sedangkan poros koplingnya 11,1 mm lebih jauh ke belakang dan 26,9 mm lebih tinggi.

Fitur premium lain yang tersemat di motor ini adalah New Electrics Start yang lebih efiisien dan bebannya lebih ringan 150 g serta dikombinasikan dengan baterai compact baru, Pro Taper Handlebar baru yang memiliki fungsi dan gaya, serta penggunaan serat pada karbon strip untuk mengurangi beban motor.

Beralih ke dapur pacu, FC 250 dibekali mesin berkapasitas 249,91cc, DOHC, 1 silinder, 4-stroke, liquid-cooled. Kinerja mesin tersebut disalurkan melalui sistem transmisi 5 percepatan. Di Indonesia, FC 250 dibanderol dengan harga Rp124 jutaan.

   
Penulis: