Motor Terkencang Kawasaki ZZR1400 Stop Produksi Setelah 2020

Jakarta – Pabrikan asal Jepang, mengumumkan akan segera berhenti memproduksi jagoannya ZZR1400 atau Ninja ZX-14R setelah tahun 2020 mendatang. yang pertama kali meluncur tahun 2006 silam ini merupakan pesaing Hayabusa dan disebut-sebut sebagai bagian dari motor terkencang yang berkapasitas besar.

Kawasaki ZZR1400 – www.mirror.co.uk

Ketika dirilis, Ninja ZX-14R merupakan sepeda motor jalanan terkencang yang dapat dibeli. Motor tersebut diklaim mempunyai tenaga maksimal hingga 197 bhp yang kala itu setara motor balap MotoGP. Kemudian kecepatan tertingginya mencapai 186 mph atau 300 km per jam dengan kit balap.

Pada 2012, Kawasaki menghadirkan pembaruan dengan upgrade tenaga 3 bhp, lengkap dengan rem ABS, mode berkendara, dan kontrol traksi Kawasaki Traction Control (KTRC) 3-level. Selain itu, bodinya dirancang lebih ramping dan aerodinamis. Di samping itu, Kawasaki juga menyematkan knalpot baru, pengapian baru, slipper clutch, dan kipas radiator kedua.

Sayangnya, motor Ninja ZX-14R rupanya kalah populer jika dibandingkan Kawasaki Ninja H2 SX supercharged yang diklaim lebih modern dan hemat bahan bakar. “Jika dibandingkan dengan Ninja H2 memang secara performa mirip, namun powernya tidak pernah sedahsyat ZZR dan mewah,” ungkap Michael Neeves, jurnalis MCN, seperti dilansir Tempo.

Motor berkapasitas 1.352 cc ini mengusung transmisi manual 6 speed dan bobotnya mencapai 268 kg. Di Indonesia, motor kencang tersebut dijual dengan mencapai Rp358.400.000. Sementara itu, Martin Fitz-Gibbons yang juga memiliki pengalaman mengendarai ZZR1400 mengatakan, “Saya memiliki dua kenangan menonjol tentang Kawasaki ZZR1400. Saat mengendarai sepeda motor ini 2008 bersama dengan Suzuki Hayabusa, melewati jalanan naik turun yang menakjubkan namun berbahaya di Spanyol selatan.”

“Selama satu setengah hari, ZZR memberikan respon yang lebih ringan dan yang berputar lebih cepat membuatnya terasa lebih menarik dan hidup. Pengalaman lain saat mengendarai sejauh tiga mil dalam satu menit (rata-rata 180 mph) di Nardo Ring pada 2012. ZZR1400 menghadirkan kecepatan tampak begitu seram langsung nanjak jarumnya, dengan bobot berat,” tandasnya.

   
Penulis: