Varian Lengkap ATV Honda yang Mengaspal di Medan Off-Road

 2942 views

All Terrain Vehicle, atau lebih populer dengan sebutan ATV, merupakan kendaraan beroda empat yang sering digunakan untuk memacu adrenalin di medan off-road. Orang juga kerap menyebut kendaraan ini sebagai mobil mini atau mini traktor, karena bentuknya yang menyerupai traktor.

Meski biasa dikendarai untuk melibas medan off-road, namun ATV sebenarnya juga bisa diajak untuk melahap segala medan. Awalnya, kendaraaan ini hanya digunakan oleh para pemilik perkebunan sebagai alat transportasi mereka. Seiring perkembangan zaman, ATV digunakan untuk banyak kegiatan di dunia otomotif, seperti balap, motor penjelajah alam, kendaraan operasional SAR, atau untuk disewakan sebagai kendaraan pelintas alam.

Umumnya, ATV dibagi menjadi dua , yaitu Tipe I yang ditujukan untuk operator tunggal atau tanpa penumpang. Sementara, Tipe II ditujukan untuk operator dan penumpang. Karena itu, untuk ATV Tipe II ini telah dilengkapi dengan belakang yang mampu menampung satu penumpang.

Beberapa pabrikan juga telah meluncurkan berbagai varian ATV untuk memuaskan pengendara off-road, salah satunya. sendiri merupakan otomotif terkemuka asal Jepang yang sebelumnya telah populer dengan sepeda motor dan mobil. ATV produksi sendiri dibagi menjadi dua varian, yaitu Sport dan Utility. Berikut beberapa model ATV yang telah dirilis .

ATV Sport Honda

Saat ini, model ATV Sport produksi Honda hadir dalam empat varian berdasarkan kapasitas mesinnya, yaitu TRX90X sebagai varian terendah, TRX250X, TRX400X, dan TRX450X. ATV Sport sendiri didesain untuk beraksi di medan yang paling menantang, baik untuk para pengendara profesional maupun pemula, dan dibekali dengan mutakhir, termasuk electric starter, suspensi independen, hingga shaft drive.

Model TRX90X, dilihat dari kapasitas mesinnya, kendaraan ini dirancang untuk pengendara pemula, khususnya anak-anak. TRX90X menggendong mesin tipe 4-stroke, single cylinder, SOHC, air-cooled, berkapasitas 86cc. Model ini hadir dalam dua pilihan , yaitu merah dan hitam, dan ditawarkan dengan harga mulai USD 2.999 (Rp38,9 jutaan).

Sementara, model TRX250X menggendong mesin berkapasitas 229cc, 4-stroke, air-cooled, OHV, single cylinder. Hadir dalam dua pilihan warna, yaitu putih polos dan kombinasi merah-putih, kendaraan ini ditawarkan dengan harga USD 4.699 (Rp61 jutaan).

Adapun model TRX400X, menggendong mesin tipe 4-stroke, SOHC, air-cooled, dry-sump RFVC, single cylinder, berkapasitas 397cc. Kendaraan ATV untuk kalangan profesional ini dilepas mulai USD 6.399 (Rp83 jutaan). Terakhir, model TRX450X, merupakan varian tertinggi ATV Sport Honda (hingga detik ini) karena telah mengusung mesin berkapasitas 450cc, liquid-cooled, single cylinder, 4-stroke. Varian ini ditawarkan dengan harga mulai USD 7.799 (Rp101 jutaan).

ATV Sport Honda – www.instructables.com

 

ATV Utility Honda

Model ATV Utility Honda terbaru meluncur dalam lima varian. Model FourTrax Rincon merupakan varian tertinggi karena telah menggendong mesin tipe 4-stroke, liquid-cooled, OHV, semi-dry-sump, single cylinder, berkapasitas 675cc. Kendaraan ini ditawarkan mulai USD 9.299 (Rp120 jutaan).

Sementara, model FourTrax Recon merupakan varian yang paling rendah jika dilihat dari kapasitas mesinnya. Kendaraan ATV ini “hanya” dibekali mesin berkapasitas 229cc, 4-stroke, air-cooled, OHV, single cylinder. Hadir dalam dua model, Recon Standard ditawarkan dengan harga mulai USD 4.049 (Rp52,6 jutaan), sedangkan varian Recon ES dibanderol USD 4.299 (Rp55 jutaan).

Tiga model lainnya mengusung mesin berkapasitas 400cc. Varian FourTrax Rancher menggendong mesin 420cc, 4-stroke, liquid-cooled, OHV wet-sump, fuel injection, single cylinder. FourTrax Rancher hadir dalam tujuh varian dan dibanderol mulai USD 5.299 (Rp68,8 jutaan) untuk varian paling rendah hingga USD 7.999 (Rp103,9 jutaan) untuk varian paling tinggi, yaitu FourTrax Rancher 4×4 Automatic DCT IRD EPS.

Sementara, dua model tersisa sama-sama mengusung mesin berkapasitas 475cc, yaitu FourTrax Foreman 4×4 dan FourTrax Foreman Rubicon 4×4. Model FourTrax Foreman 4×4 hadir dalam dua versi, Standard dan ES EPS, yang dibanderol mulai USD 7.199 (Rp93,5 jutaan). Sementara, varian FourTrax Foreman Rubicon 4×4 tampil dalam 4 model dan ditawarkan mulai USD 8.599 (Rp111,7 jutaan) hingga USD 9.199 (Rp119,5 jutaan).

ATV Utility Honda – www.motorcycle-usa.com

 

   
Penulis: