Vespa Primavera, Skuter Klasik Berteknologi Modern

 2425 views

Vespa Primavera merupakan salah satu model vespa legendaris yang sangat disukai oleh para penggemar buatan Enrico Piaggio tersebut. Diproduksi pertama kali pada tahun 1960-an, tepatnya tahun 1967, dengan kode produksi VMA2, ini telah mengalami masa produksi selama 32 tahun, yakni hingga tahun 1999.

Kemudian pada tahun 2014 silam, Vespa kembali menghadirkan Primavera sebagai model yang mengalami revolusi secara besar-besaran, mulai bodi hingga mesin yang diusungnya. All New Vespa Primavera, demikian namanya, mengusung perpaduan klasik dan modern, serta dibekali yang lebih canggih.

Baca juga:   Motor Bebek Honda Supra X 125 FI Usung Grafis Baru yang Lebih Sporty

Meski terkesan kaku, namun desain Vespa Primavera terbaru tetap mengusung model klasik dengan utama berbentuk bulat. Bentuk dasi depan dibuat lebih ramping dan menggelembung di bagian bawahnya. Jika dibandingkan model LX, LXV, maupun Vespa S, Vespa Primavera lebih terkesan gesit berkat rancangan bagian buritan yang lebih ramping.

Jika sebelumnya rangka dan bodi Vespa Primavera dibuat dari bahan aluminium, maka varian terbarunya ini menggunakan material baja berkualitas, serta berukuran lebih besar daripada seri LX, S, maupun LXV. Tujuannya, untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara, terutama dalam melakukan perjalanan jarak jauh (touring). Di samping itu, jika model jok pengendara pada seri terdahulu berbentuk datar, maka varian terbaru ini didesain lebih ergonomis mengikuti lekukan tubuh.

Baca juga:   Benelli TRK 502 BS6 Meluncur, Terima Update Desain dan Fitur

Pihak Piaggio juga memberikan desain garpu berengsel pada suspensi depan Vespa Primavera, agar skuter ini lebih empuk dan memberikan handling yang lebih stabil bagi pengendara. Sementara, penggunaan roda berukuran 11 inci serta posisi jok yang mencapai 30,7 inci dari tanah, memberikan pengendalian yang tepat bagi pengendara saat mengajak skuter ini bermanuver.

Beralih ke sektor dapur pacu, All New Vespa Primavera dibekali mesin berkapasitas 154,8cc, Lem 3 single cylinder, 4-strokes, 3 valves, electronic . Dengan bekal tersebut, skuter ini mampu menyemburkan tenaga hingga 8,7 kW pada putaran mesin 7.500 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 12 Nm pada putaran mesin 5.000 rpm. Semua tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi automatic CVT.

Baca juga:   Mesin Lebih Gede, Yamaha TMAX Edisi 2020 Meluncur

All New Vespa Primavera hadir dalam enam pilihan warna, yaitu rosso dragon, azzuro marechiaro, montebianco, blu midnight, nero volcano, dan marrone crete senesi. Untuk pasar , Vespa Primavera dilepas dengan harga Rp33,8 jutaan.

   
Penulis: