Viar Bakal Rilis Motor Listrik Desember 2016, Harga di Bawah Rp 20 Juta

 1392 views

Pulse dan Q1-motorexpertz.com

Jakarta – Saat ini sedang gencar digaungkan keberadaan di Tanah Air. Namun beberapa pihak menganggap jika bertenaga masih belum begitu populer dibandingkan motor bertenaga bahan bakar minyak (BBM).

bukan jawaban. Bahwa banyak yang dapat memproduksi iya, tapi pasarnya kecil,” ujar Ketua Umum Asosiasi Industri Motor (AISI), Gunadi Sindhuwinata.

Walau demikian, pabrikan lokal Viar Motor Indonesia justru akan ikut meramaikan motor listrik dengan meluncurkan unit motor listrik produksi mereka sekitar bulan Desember tahun 2016 ini. Kabarnya motor listrik tersebut masih dalam proses pembuatan STNK.

“Uji tipe sudah, sekarang dalam proses pembuatan STNK. Hitung-hitungan kami paling lambat sekali sudah bisa dikirim Desember nanti,” kata Frengky Osmond selaku Marketing Communication Viar, Jumat (9/9).

Frengky menjelaskan jika motor listrik memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk legalisasi dibandingkan motor dengan bahan bakar minyak. Hal tersebut disebabkan karena peraturan terkait kendaraan non bensin di Indonesia masih belum siap.

Viar telah memperkenalkan 2 motor listrik besutannya dalam acara Jakarta Fair Kemayoran pada pertengahan bulan Juni 2016 lalu. Dua motor listrik tersebut bernama Pulse dan Q1.

Motor listrik Pulse dan Q1 dibuat di pabrik Viar yang terdapat di Kota Semarang, Jawa Tengah. Walaupun telah melalui perakitan lokal, mesin yang diusung masih memakai milik Bosch. Kecepatan Pulse dan Q1 dibatasi sampai 60 km/jam saja demi alasan keselamatan.

Pulse dan Q1 menggunakan keamanan berupa rem cakram depan dan belakang, alarm, keyless start engine, dan lampu LED. Frengky juga sekaligus berpromosi bahwa kendaraan listrik besutan Viar ini telah diuji coba tahan air.

Menurutnya, sejak diperkenalkan beberapa waktu lalu sambutan masyarakat Indonesia cukup baik. Terbukti ada sekitar ratusan orang yang berdomisili di Jakarta berniat untuk memesan motor listrik dengan kisaran harga di bawah Rp 20 juta tersebut.

   
Penulis: