Victory Vision Tour, Touring Bike Futuristik dan Canggih

Mungkin jika diminta menyebutkan sepeda asal Amerika Serikat, masyarakat pasti kebanyakan bakal menyebut Harley Davidson. Memang, pabrikan yang berbasis di Milwaukee tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu brand paling terkenal dari Negeri Paman Sam. Namun, selain Harley, Amerika juga punya beberapa merek sepeda yang tidak kalah mentereng dibandingkan Harley, salah satunya Victory Motorcycle.

Victory Vision Tour – moto.zombdrive.com

 

Victory Motorcycle merupakan asal Amrik yang berpusat di Spirit Lake, Dickinson Country, Iowa. Dibandingkan dengan Harley, usia pabrikan ini memang bisa dibilang kalah jauh karena baru berdiri pada tahun 1997 lalu. Meski demikian, dalam perjalanannya yang baru berumur 20 tahun, Victory telah memiliki beberapa motor yang tidak kalah canggih, salah satunya Vision Tour.

Vision Tour pertama kali diperkenalkan ke publik otomotif global pada Feburari 2007, bersama dengan model Vision Street. Motor ini dirancang untuk memfasilitasi penggemar motor yang senang atau melakukan perjalanan jarak jauh. Motor ini tampil dengan yang sangat keren dan futuristik, dengan fitur elektronik mewah dan ketinggian jok rendah.

Tampilan Vision Tour pasti langsung membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum. Motor ini tampak kuat dengan model yang meruncing di sektor depan serta di bagian belakang. Untuk mengakomodasi kebutuhan touring, Vision Tour telah dibekali dengan windshield elektronik di depan dan bagasi di belakang. Sementara, panel speedometer hadir dengan teknologi digital dengan tampilan yang menyegarkan.

Di Indonesia, Victory Vision Tour pertama kali dipamerkan ke publik otomotif Tanah Air pada tahun 2012 lalu. Kala itu, motor ini ditawarkan dengan yang bikin geleng-geleng kepala, yaitu sekitar Rp490 jutaan (of the road), atau setara mobil Toyota Alphard atau empat Toyota Agya standard. Mahalnya harga Vision Tour karena motor ini didatangkan langsung dari negeri asalnya.

Saat itu, Victory Vision Tour didatangkan oleh PT Arya Motor Indonesia sekaligus distributor resmi Victory karena menilai pasar moge Indonesia sangat potensial untuk digarap. Bersama Vision Tour, PT Arya Motor Indonesia kala itu juga mendatangkan model Victory Hummer S sebagai perkenalan awal.

Saat ini, Victory Vision Tour hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Gloss Black dan Gloss Blue. Di pasar global, satu unit motor mewah ini ditawarkan dengan harga mulai USD 21.099 atau sekitar Rp280 jutaan. Berikut spesifikasi teknis Victory Vision Tour.

Tipe 4-stroke, V-Twin, SOHC, 4 valves per cylinder/hydraulic lifters & cam chain adjuster
Kapasitas Mesin 1.731cc
Transmisi 6-speed
Sistem Bahan Bakar Electronic fuel injection
Sistem Pendinginan Air/oil-cooled
Rasio Kompresi 9,4:1
Diameter x Langkah 101 x 108 mm
Suspensi Depan Teleskopik 130 mm
Suspensi Belakang Single monotube air adjustable shock 120 mm
Rem Depan Dual disc 300 mm, 3-piston
Rem Belakang Single disc 300 mm, 2-piston
Sistem Pengereman Semi-linked, ABS
Ban Depan Dunlop D418F Elite 3 130/70-R18 63H
Ban Belakang Dunlop D418 Elite 3 180/60-R16 M/C 80H
Jarak Sumbu Roda 1.670 mm
Tinggi Jok 673 mm
Jarak ke Tanah 148 mm
Berat 642 kg
Kapasitas Bahan Bakar 22,7 L
Panjang 2.702 mm
Fitur Heated dual-zone seat, heated grips, adjustable power windshield
   
Penulis: