Tampilan Jadul, tapi Yamaha Axis Z Teranyar Benar-benar Irit Bensin

Jakarta – Produsen otomotif asal Jepang, tampaknya tak ingin berhenti berinovasi. Usai menghadirkan Fazzio, juga belum lama ini meluncurkan bernama Axis Z untuk pasar domestik. Skutik yang tampilannya cenderung kuno ini rupanya dijual dengan yang cukup mahal. Lalu, apa keistimewaannya?

Yamaha Axis Z – www.moto7.net

“Yamaha Axis Z baru masih mengandalkan sebelumnya, yakni mungil, ramping, dan sekali lagi, ketinggalan zaman. Tampilan motor tersebut benar-benar tak umum alias berbeda dibandingkan skutik lain pada umumnya,” demikian seperti dilansir dari Greatbiker melalui Viva.

Meski demikian, skuter matik ini rupanya dirancang irit bahan bakar. Bahkan, kabarnya seliter bensin dapat membuat Yamaha Axis Z dapat digunakan menempuh jarak lebih dari 50 km (kilometer). Skuter ini didesain untuk mobilitas perkotaan, khususnya untuk menghadapi kemacetan.

Yamaha Axis Z juga mengalami sedikit perubahan dari generasi sebelumnya. Blue Core khas Yamaha kini sudah memenuhi standar emisi . Motor Yamaha Axis Z juga dilengkapi Smart Motor Generator (SMG) untuk memungkinkan starter mesin yang senyap dengan getaran lebih sedikit. Kemudian, Yamaha Axis Z dibekali UBS (Unified Brake System) yang menghasilkan gaya pengereman lebih seimbang untuk rem depan dan belakang. Lampu depan dari Axis Z pun jadi lebih terang, yakni 60/55W.

Yamaha Axis Z menggunakan mesin berkapasitas 124 cc satu silinder 4 tak SOHC berpendingin udara. Bobot motor ini hanya 100 kg. Mesin Yamaha Axis Z diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 8,1 daya kuda dan puncak 8,9 Nm. Pihak Yamaha menyebut Axis Z sebagai kendaraan yang ringan dan mudah dikendarai. Terlebih, Yamaha Axis Z juga didukung bagasi luas dengan hingga 37,5 liter yang sanggup menampung dua helm sekaligus.

Yamaha Axis Z tersedia dalam 5 pilihan , yaitu Matte Dark Purplish Blue Metallic (Matte Blue), Black Metallic X (Black), Gray Metallic M (Gray), Matte Dark Yellowish Gray Metallic (Matte Brown), dan Blueish White Cocktail (White). Di Jepang sana, motor ini dipasarkan seharga 271.700 yen atau sekitar Rp33,7 juta.

Baca juga:   Harga Yamaha NMax 155 Connected ABS Akhirnya Diumumkan, Cuma Rp33,75 Juta
   
Penulis: