Yamaha Indonesia Ternyata Sudah Daftarkan Sederet Motor Terbaru, Apa Saja?

 227 views

Jakarta – Di awal tahun 2019 ini PT Indonesia Manufacturing (YIMM) telah meluncurkan 2 terbaru, yakni MX-King facelift dan juga MT-15. Tak ingin puas sampai di situ, PT YIMM kabarnya juga masih mempunyai sederet motor anyar yang bakal dirilis pada semester kedua 2019. Apa saja?

Yamaha MX-King – indoride.com

“Belum lama ini terungkap bahwa YIMM mendaftarkan motor baru di Samsat DKI Jakarta, yaitu SG56 A AT dan SG56 AT dengan NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) masing-masing Rp 23,9 dan Rp 21 juta,” demikian seperti dilansir Otosia.

Adanya embel-embel ‘AT’ di belakang kode tersebut menandakan bahwa kemungkinan besar motor terbaru Yamaha ini akan mengusung transmisi dan berjenis skuter matic (skutik). Motor tersebut diperkirakan adalah tipe yang benar-benar baru dan bukan merupakan versi facelift dari Yamaha Nmax atau Yamaha Aerox. Pasalnya, Yamaha Nmax mempunyai kode 2DP dan Yamaha Aerox kodenya B65.

Bila menilik dari NJKB-nya, on the road (OTR) Yamaha SG56 AT akan setara dengan PCX. Oleh karena itu muncul spekulasi yang menyebutkan jika skutik baru itu nantinya bakal menggantikan sosok Yamaha Nmax. Namun kecil kemungkinan YIMM bakal menghadirkan pengganti Yamaha Nmax, terlebih jika angka penjualannya pun masih melampaui PCX dan produk Yamaha lainnya.

Selain skutik, Yamaha pun memasukkan 3 kode baru lainnya yang kemungkinan datang dari segmen (moge) dan siap dirilis tahun 2019 ini. Moge pertama adalah RM172 MT dengan NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Rp 156 juta. Kode itu diprediksi merujuk pada Yamaha MT-07 teranyar yang akan dijual sekitar Rp 180-200 jutaan.

Lalu ada seri Yamaha RN435 MT yang diperkirakan sebagai Yamaha MT-09. Naked bike berkapasitas 900 cc ini tercatat mempunyai NJKB mencapai Rp 195 juta dan kemungkinan bakal dipasarkan seharga Rp 260-300 jutaan. Nah, yang paling mahal adalah motor berkode RN497 MT atau yang memiliki nama Yamaha R1 atau Yamaha R1M. NJKB superbike andalan Yamaha ini mencapai Rp 495 juta dan diprediksi bakal dijual dengan harga kisaran Rp 620-900 jutaan.

   
Penulis: