Honda Kenalkan Motor Trail Bertenaga Listrik CR Electric

 207 views

Jakarta – Sejumlah perusahaan kini semakin getol memproduksi kendaraan bertenaga listrik yang diklaim lebih ramah lingkungan, tak terkecuali dengan . Selain memiliki matic PCX listrik, pabrikan asal Jepang tersebut belum lama ini juga memperkenalkan listrik dalam bentuk konsep yang sementara ini dinamai Honda CR Electric.

Honda CR electric – balapmotor.net

Dua prototipe motor listrik Honda kabarnya bakal diperkenalkan dalam ajang otomotif bergengsi Tokyo Motorcycle Show 2019. Jika dilihat sekilas, Honda CR Electric ini dirancang menyerupai keluarga CR series, atau lebih tepatnya memakai sasis dari seri CRF 450.

“Dari segi tampilan tidak ada yang berbeda dengan CRF internal combustion engine (ICE). Memang sekilas motor ini juga menggunakan garpu suspensi Showa terbalik dan ban off road seperti nyawa yang sudah ada pada CRF,” demikian seperti dilansir Electrek melalui Liputan6.

Kemudian bagian sasis dan swing arm tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Padahal di bagian tengah sudah tidak lagi memakai konvensional, melainkan memakai 100 persen tenaga listrik atau elektrik.

Motor penggaruk tanah bertenaga listrik tersebut kabarnya memakai rangka berbahan aluminium. Lalu untuk sektor kaki-kakinya, Honda membekali CR Electric dengan suspensi depan upside down buatan Showa dan ban pacul Knobbies Dunlop.

Pada bagian dapur pacu, Honda menggunakan motor listrik dan teknologi dari superbike Mugen Shinden untuk CR Electric. Sebagai informasi, Shinden merupakan motor listrik yang dipakai pada ajang Isle of Man TT pada tahun 2017 lalu.

Motor listrik tersebut diklaim mempunyai tenaga yang cukup besar. Sayangnya pihak Honda masih belum mengumumkan seperti apa detail lengkap dari CR Electric serta keputusan apakah nantinya motor trail listrik tersebut juga akan diproduksi secara massal atau tidak. Berdasarkan informasi dari situs Mugen, Shinden mengusung baterai Lithium ion 370 volt yang sanggup menghasilkan tenaga 160,9 daya kuda dan torsi 210 newton meter.

   
Penulis: