Yamaha Pamerkan Hyper Slaz Concept, Generasi Terbaru Xabre?

Sepeda-.info – Pabrikan asal Jepang, Yamaha, tidak hanya memanfaatkan gelaran Auto Expo 2018 di India untuk menggeber motor-motor mereka, seperti YZF-R15 dan YZF-R3. Perusahaan tersebut juga memamerkan sebuah motor konsep bernama Hyper Slaz Concept, yang disebut-sebut bakal menjadi Yamaha Xabre berikutnya.

Yamaha Hyper Slaz Concept – indianautosblog.com

Seperti diketahui, jika di motor naked tersebut diberi nama Xabre, maka di negara lain seperti Thailand, perusahaan berlogo garpu tala memang memberikan nama Slaz. Secara tampilan, generasi terbaru tersebut hadir dengan lebih sangar, lebih radikal, dan lebih ‘telanjang’ meski masih hadir dalam wujud konsep.

Menurut laporan Indianautosblog, Xabre versi radikal ini menampilkan desain dengan bodywork serba hitam dan aksen merah pada suspensi, serta sederet aksesori lainnya. Bentuk motor tersebut semakin menarik dengan wujud ekor menonjol dan telah dibekali dengan lampu teknologi LED. Sementara, jok dibuat tunggal dan bagian belakang dirancang dengan eksentrik.

Meski demikian, suspensi depan masih mengandalkan upside down bawaan pabrikan yang sudah dibalut dengan merah. Suspensi belakang mengusung monoshock dari Ohlin untuk menahan goncangan saat digunakan. Pelek hitam nampak dibalut dengan ban Pirelli Diablo Rosso II, sedangkan sistem pengereman mengandalkan cakram, baik di roda depan maupun di roda belakang.

Di samping itu, Yamaha Hyper Slaz Concept juga memajang knalpot dengan sudut yang menajam. Sayangnya, belum diketahui apakah motor ini memang akan diluncurkan Yamaha sebagai generasi terbaru dari Xabre atau tidak. Jika benar demikian, maka dianggap mampu mendongkrak Xabre yang belakangan memang sudah mengendur.

Di Indonesia sendiri, penjualan Yamaha Xabre memang tidak secemerlang pasar Asia Tenggara lainnya seperti Thailand. Setiap bulan, angka penjualan ini terbilang kecil, tidak pernah mencapai target 5.000 unit dari yang ditetapkan. Bahkan, penjualan Xabre masih terpaut jauh dari saudara tuanya, Yamaha V-Ixion, meski mengusung desain yang ‘lelaki banget’.

   
Penulis: