Yamaha R25, Motor Sport Entry-Level Serupa MotoGP

 2369 views

Pada ajang Tokyo Show 2013 lalu, meluncurkan sebuah unit motor berkapasitas 250cc. Motor bernama Yamaha R25 itu memiliki yang gagah dan sporty, yang secara sekilas mirip dengan YZR-M1, kuda besi andalan Yamaha untuk ajang balap MotoGP.

Desain yang mengadopsi motor balap ini memang memiliki keunggulan tersendiri. Bentuk bodi depan dan belakang tampak meruncing. Model ini selain untuk keindahan, juga sangat membantu akselerasi R25. Sementara, bagian jok terlihat sangat nyaman diduduki dengan bantalan tangkinya, di samping bentuknya yang terlihat sangat agresif.

Headlamp Yamaha R25 tampak sangar dengan Sporty Airduct di bagian tengah dan belakang, serta sudah mengusung lampu LED. Sementara, bentuk full fairing multilayer terdapat di bagian kiri dan kanan bodi. Adapun tangki bahan bakar berkapasitas 14,3 liter dibuat agak meninggi dibanding motor sport kebanyakan.

Beralih ke sektor jantung pacu, motor sport entry-level ini dipersenjatai mesin bertipe DOHC berkapasitas 149cc, 4-stroke, 2 silinder segaris, 8 katup, liquid-cooled, serta DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya. Dengan bekal tersebut, Yamaha R25 mampu memuntahkan tenaga hingga 26,5 kW atau 36 hp pada putaran mesin 12.000 rpm, serta torsi maksimal mencapai 22,6 Nm pada putaran mesin 10.000 rpm.

Fitur-fitur lain yang tersemat di Yamaha R25 adalah speedometer yang multifungsi dan berdesain racing, mid ship sporty muffler yang memberikan keseimbangan yang sempurna, serta asymmetrical rear arm dan twin tube rear suspension untuk menghasilkan pengendalian yang lebih stabil. Selain itu, masih ada alluminium cast wide wheel dan wide tire yang kuat dan ringan, agar performa berkendara menjadi lebih maksimal.

Yamaha R25 hadir dalam dua varian ABS dan non-ABS, yang tampil dalam warna diablo red, racing blue, predator blue, serta Movistar Yamaha MotoGP livery dan Monster Tech 3 Yamaha MotoGP livery. Untuk harganya, varian non-ABS dibanderol Rp53 jutaan, sedangkan varian ABS dibanderol Rp60,225 jutaan. Adapun varian Movistar Yamaha MotoGP livery dan Monster Tech 3 Yamaha MotoGP livery, dilepas dengan harga Rp53,6 jutaan.

   
Penulis: