Yamaha India Lahirkan Motor Murah 6 Jutaan, YIMM Tak Berminat Boyong ke Indonesia

 2205 views

Chennai, India – Tingginya permintaan akan alat transportasi roda 2 dengan di India membuat memutar otak untuk mewujudkannya. kemudian menjalankan proyek pengembangan murah yang diberi nama INDRA (Innovative and New Development based on Responsible Analysis). Proyek ini disebut-sebut bakal melahirkan generasi super murah yang hanya dibanderol seharga 30.000 rupee (sekitar Rp 6 jutaan).

Tim research & development Yamaha India masih enggan membocorkan nama dari motor super murah tersebut, namun motor tersebut rencananya akan segera diproduksi di Pabrik Yamaha di Chennai, India, sebagaimana diwartakan oleh laman Rushlane, Sabtu (30/1).

Meski detil spesifikasi motor murah ini belum terendus, banyak pihak menduga motor ini akan menggunakan 4 tak berkubikasi 100-110 cc dengan pendingin udara. -fitur semacam starter elektrik, rem cakram, dan velg alloy mungkin akan ditiadakan untuk menekan harga jual.

Yamaha dipastikan akan memulai debut motor termurah di India ini pada gelaran Auto Expo 2016 nanti. Informasi lain menyebut, motor ini tak hanya akan mengaspal di India, tapi juga diekspor ke Afrika Selatan. Sayangnya, tak masuk dalam daftar negara pengimpor motor murah ini.

Ditanya tentang ketertarikan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk memboyong masuk motor murah ini ke Indonesia, Asisten GM Pemasaran PT YIMM Mohammad Masykur menjelaskan bahwa karakteristik konsumen motor Indonesia berbeda dengan India.

“Sebelumnya, ingat motor China? Kelanjutannya bagaimana? Tidak bisa murah terus laris di Indonesia. Setting harga memang penting bagi kami, tapi motor harus disesuaikan dengan permintaan konsumen,” kata Masykur di sela test ride Yamaha Xabre di Karting International Circuit, Sentul, kemarin (1/2).

Menurut Masykur, pemasaran motor murah tersebut di Indonesia justru akan memperburuk citra yang telah dibangun oleh Yamaha.

“Bukannya tidak ada yang mau. Market-nya bisa ada saja, pasti. Cuma secara kualitas akan hancurkan kondisi yang sekarang sedang Yamaha bangun,” ucap Masykur

   
Penulis: