Spesifikasi dan Harga Moge Yamaha MT-09

 3786 views

Pada tahun 2014 lalu, menambah jajaran motornya di Tanah Air. Tak tanggung-tanggung, pabrikan berlogo garputala tersebut merilis motor gede () berkonsep street fighter yang dilabeli Yamaha MT-09.

Yamaha MT-09 merupakan motor alternatif bagi pengendara yang menyukai sekaligus kelincahan. Di samping itu, motor ini memiliki yang sangat eksklusif, bahkan pernah dinobatkan sebagai motor street fighter dengan paling bergengsi di ajang iF Design Award di Hannover pada tahun 2014.

Diimpor langsung dari (motor CBU), kualitas dan kehebatan motor ini memang tidak perlu diragukan lagi. Yamaha MT-09 dibangun dengan menggunakan rangka baru tipe diamond. Struktur rangka tersebut terdiri dari CF aluminium die-cast di bagian kiri dan kanan, mirip yang digunakan MT-01. Karena menggunakan rangka aluminium, bobot motor ini cukup ringan jika dibandingkan moge sejenis, bahkan lebih ringan dari FZ8 dan YZF-R6.

Sementara, desain switch starter yang terintegrasi dengan switch engine stop memberikan kesan atraktif dan kompak. Liquid crystal speedometer dan spion didesain compact serta berbobot ringan sehingga harmonis dengan bodi dan mesin.  Selain itu, ada unequal intake funnel yang berfungsi sebagai settingan pasokan bahan bakar yang diklaim dapat menyuplai bahan bakar sesuai kebutuhan mesin saat proses pembakaran.

Beralih ke sektor jantung pacu, Yamaha MT-09 ditenagai mesin 3 silinder berteknologi YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle), DOHC, liquid-cooled, 4-Valve, berkapasitas 847cc. Dengan bekal tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 115 hp pada putaran mesin 10.000 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 87,5 Nm pada putaran mesin 8.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi 6 percepatan.

Yamaha MT-09 juga digadang-gadang hanya membutuhkan waktu sekitar 3,4 detik untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam. Sementara, kecepatan maksimal yang bisa diraih moge ini menyentuh angka 225 km/jam.

Lalu, berapa yang dibanderol untuk moge dengan bahan bakar 14 liter tersebut? Yamaha MT-09 dibanderol dengan kisaran harga Rp250 jutaan, dan hadir dalam tiga varian warna, yaitu hitam, oranye, serta abu-abu.

   
Penulis: