Yamaha Resmi Pamerkan Motor Terbaru Buat Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo

 3660 views

Tim Movistar resmi merilis untuk tunggangan dua mereka, dan Jorge Lorenzo, dalam mengarungi musim balap 2016 mendatang. Peluncuran motor Yamaha YZR-M1 2016 tersebut dilakukan di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Senin (18/1) waktu setempat.

Sekilas, tidak ada perbedaan signifikan pada motor terbaru ini dibandingkan YZR-M1 2015. Namun, Yamaha menyelipkan beberapa perubahan, di antaranya mengakomodasi dipindahkannya tangki bensin di bawah jok dan juga regulasi anyar. Selain itu, tampilan bodi belakang motor juga jauh lebih ramping dibanding seri pendahulunya.

Untuk keseluruhan, badan motor masih didominasi warna biru dengan sedikit aksen putih pada beberapa bagian. Lekuk tudung depan juga masih sama dengan lubang udara yang terlihat pada bagian bawah nomor pembalap.

Sementara dari sisi , sesuai regulasi Dorna, YZR-M1 2016 sudah menggunakan 17 inci, menggantikan 16,5 inci yang dipakai musim lalu. Rencananya, baik Rossi maupun Lorenzo, akan menjajal motor terbarunya tersebut pada uji coba di Sirkuit Sepang, Malaysia, Februari mendatang.

“Jiwa saya pada motor selalu sama, meskipun saya harus berganti dari satu motor ke motor lain,” ujar Rossi saat peluncuran YZR-M1 2016. “Uji coba di Sepang nanti akan terasa sangat spesial, karena itulah pertama kali saya menggunakan motor saya.”

Tujuh kali juara dunia MotoGP itu melanjutkan, dirinya berharap bisa lebih kompetitif dengan motor terbarunya. “Feel yang saya rasakan pertama kali akan terus bersama saya sepanjang musim,” sambung pembalap berjuluk The Doctor tersebut.

Selain ban, musim ini Dorna juga memberlakukan ketentuan harus menggunakan unit kontrol elektronik (Electronic Control Unit) yang sama bagi semua tim. Dengan aturan ini, diharapkan persaingan nantinya tak hanya didominasi dua tim, Repsol Honda dan Movistar Yamaha, sehingga bisa menghasilkan tontonan yang lebih menarik.

Sepanjang musim lalu, Movistar Yamaha memang tampil dominan dengan mengumpulkan total 655 angka, atau unggul 202 poin dari Repsol Honda. Lorenzo dan Rossi pun sukses menjadi penguasa dua besar klasemen sejak awal musim.

   
Penulis: