Konsep Modifikasi Yamaha Xeon

 7025 views

GT125 merupakan matik buatan pabrikan Yamaha yang dirilis pertama kali pada tahun 2013 silam. Namun pada awal tahun 2015, perusahaan asal Jepang itu kembali memberikan penyegaran dengan liver baru pada unggulannya tersebut yang lalu diberi nama RC.

Xeon GT125 dan Xeon RC mengusung spesifikasi mesin yang mirip. Kedua ini dibekali mesin 4-tak berkapasitas 124,86cc, SOHC, 2-valve dengan silinder tunggal. ini mampu menyemburkan tenaga hingga 11,4 ps pada putaran mesin 9.000 rpm, serta torsi maksimal mencapai 10,4 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.

Meski sudah tampil dengan desain sporty dan fashionable, namun tak sedikit penggemar memilih memodifikasi skutik Xeon, baik Xeon GT125 maupun Xeon RC. Biasanya, Xeon dimodifikasi dengan desain yang diinginkan pemilik kendaraan. Ada beberapa konsep yang bisa diterapkan untuk memodifikasi Yamaha Xeon kesayangan Anda.

Standard Style

Pada konsep ini, bagian bodi tidak banyak mengalami perubahan dan masih menggunakan warna standar dan stripping bawaan pabrik. Namun di bagian kaki-kakinya mengalami banyak perubahan, terutama pada bagian shock depan, cakram, dan velg.

Selain itu, Anda juga bisa mengganti ukuran ban depan dan belakang menjadi lebih kecil. Penggantian ukuran ban yang lebih kecil ini, selain membuat terlihat lebih pendek, juga akan membuat tampilan Xeon menjadi lebih macho. Sementara untuk kesan lebih gambot, bisa ditambahkan body kit.

Di samping mengganti kaki-kaki, Anda juga bisa membuat tampilan Xeon menjadi lebih maskulin dan juga cantik dengan mengganti stang atau kemudi motor. Ganti stang atau kemudi motor dengan model fatbar atau baplang-fatbar.

Stripping

Selain mengubah bentuk kaki-kaki dan kemudi, Anda juga bisa memodifikasi stripping bawaan Xeon dengan desain baru sehingga membuat tampilannya lebih luar biasa. Anda bisa memberikan warna merah pada bodi Xeon, layaknya sebuah volcano atau air lava dari gunung berapi yang melambangkan kekuatan.

Bisa juga menerapkan konsep sporty dan elegan dengan mengganti warna standar motor dengan warna silver-cokelat. Sementara untuk menambah kesan sporty, sematkan dua cakram pada roda depan, dengan menggunakan dua tabung shock.

Modifikasi Ekstrem

Selain modifikasi standar, jika mau, Anda juga bisa memodifikasi Xeon dengan mengubah bentuk yang lebih ekstrem, seperti konsep Big Scooter. Seluruh bagian tubuh diubah dengan tampilan bongsor menggunakan pelat galvanis 0,8 mm. Untuk menambah kesan kekokohan, gunakan velg mobil berdiameter 14 yang dibalut ban depan berukuran 110/70/14 dan ban belakang berukuran 140/70/14.

Selain konsep Big Scooter, Anda juga bisa menerapkan konsep . Layaknya motor , tambahkan box di bodi samping belakang Xeon. Lalu, ganti knalpot standar dengan knalpot racing yang biasa digunakan untuk motocross. Selain itu, pemakaian ban bergelombang semakin menambah kesan pada Xeon Anda.

Nah, itu tadi beberapa modifikasi yang jamak dilakukan pada Yamaha Xeon, baik Xeon GT125 maupun Xeon RC. Anda tentu juga bisa memodifikasi Xeon Anda sesuai dengan selera.

   
Penulis: