Yamaha Siapkan Motor Naked-Retro, XSR250/XSR300?

 3431 views

-motor.info - Memasuki Tahun Baru 2017 ini, majalah otomotif asal Jepang, Young Machine, lagi-lagi menerbitkan sebuah isu otomotif tentang pergerakan baru. Jika sebelumnya mereka membocorkan dari CBR250RR dan Ninja 250 teranyar, kini majalah tersebut memberikan bocoran bahwa Yamaha akan menelurkan motor retro-modern berkapasitas 250cc atau 300cc.

Disebutkan Young Machine, tunggangan paling gres tersebut bakal mengusung nama Yamaha XSR250 atau XSR300 (sesuai kapasitas mesinnya). Motor ini bakal hadir dengan telanjang, bukan cafe racer. Meski hadir dalam versi telanjang, namun kuda besi tersebut memiliki desain yang lebih simpel jika dibandingkan pada umumnya.

Secara sekilas, desain motor ini mengambil basis dari Yamaha XSR700 dan XSR900. Lampu depan dan belakang mengusung model bulat berukuran kecil. Sementara, desain pada tangki bahan bakar, jok, serta penutup jok juga mengadopsi milik model dengan kapasitas cc lebih besar.

Jika tampilan desain mengadopsi dari miliki sang “kakak”, maka untuk sektor , motor ini disebut bakal mencomot mentah-mentah yang digunakan oleh Yamaha R25 dan Yamaha R3. Tampilan knalpot yang kokoh juga seperti meminjam dari milik kedua motor tersebut. Meski demikian, motor ini akan hadir dengan rangka baru.

Pihak Yamaha Jepang sendiri hingga saat ini masih belum mengiyakan apakah mereka benar-benar akan meluncurkan model tersebut. Namun, jika melihat kesuksesan XSR700 atau XSR900 di Eropa, versi dengan mesin lebih kecil, yaitu 250cc, bisa menjadi pangsa baru bagi pabrikan berlogo garpu tala tersebut.

   
Penulis: