YZR-M1 – Motor Tunggangan Valentino Rossi di MotoGP 2015

 5346 views

Ajang musim balapan 2015 memang menyajikan banyak kontroversi, tak hanya di atas lintasan sirkuit, melainkan juga di luar lintasan. Yang paling epik tentunya adegan “sepakan” kaki Valentino Rossi kepada Marc Marquez di GP Sepang, Malaysia. Adegan itu disebut-sebut sebagai puncak kekesalan The Doctor (julukan Rossi) kepada Marquez yang dianggapnya “bermain kotor” untuk memuluskan jalan Jorge Lorenzo meraih titel juara dunia.

Terlepas dari ulah “konyolnya”, Valentino Rossi tetap dianggap sebagai pembalap hebat, tak cuma dari sisi bakat, melainkan juga tunggangannya. Bahkan, YZR-M1, kuda besi tunggangan Rossi selama musim balapan 2015, disebut-sebut sebagai motor tergalak sepanjang sejarah berlangsungnya balap MotoGP, baik 500cc hingga 900cc.

Yamaha YZR-M1 terkenal dengan ajustabilitas tingkat tinggi, bahkan posisi Swing Arm-nya saja masih bisa digeser-geser menurut selera mekanik atau pembalapnya. Selain itu, seperti motor MotoGP lainnya, YZR-M1 juga menggunakan kopling kering terbuka, khas racing style, yang ampuh mereduksi power loss jika dibandingkan model standar yang menggunakan kopling basah terendam oli.

Untuk MotoGP, bobot Yamaha YZR-M1 terbilang ringan, dengan “hanya” 158 kg. Berat motor ini hampir setara dengan berat motor Tiger yang punya bobot 138 kg atau Yamaha Vixion dengan bobot 129 kg. Bahkan, Yamaha YZR-M1 lebih enteng dari Ninja 250R yang punya bobot 166 kg.

Suspensi Yamaha YZR-M1 juga terbilang simpel atau sederhana. Suspensi yang dipercayakan ke Ohlins ini cukup fleksibel dengan kemudahan mengganti kekerasan dan karakteristik monoshok sesuai lintasan sirkuit yang dijajal. Di samping itu, kuda besi tunggangan Rossi juga menggunakan rem cakram karbon fiber berdiameter 320 mm yang diapit empat kaliper monoblok Brembo keluaran . Sementara knalpotnya, menggunakan keluaran Akrapovic dengan muffler terbuka.

Beralih ke sektor dapur pacu, Yamaha YZR-M1 punya berkapasitas , dengan konstruksi 4 silinder sejajar yang diperunik dengan model Crossplane Crankshaft. Motor ini mampu menyemburkan tenaga hingga 240 ps dan memiliki power to weight ratio yang cukup bear, yakni 1,51 ps/kg. Dengan kapasitas tersebut, motor ini mampu mencapai maksimal lebih dari 330 km/jam.

Yamaha YZF-M1 Valentino Rossi

Lengkap Yamaha YZR-M1

Mesin 1000cc Liquid cooled inline four-cylinder with crossplane crankshaft
Sasis Aluminium twin tube deltabox with multi-adjustable steering geometry

Aluminium swingarm

Transmisi Six-speed cassette type gearbox with alternative gear ratios available
Velg MFR Forged Magnesium
16,5 (depan), 16,5 (belakang)
Rem Brembo

Two 320mm or 340mm carbon front discs

Two four-piston calipers

Single stainless steel rear disc

Twin-piston caliper

Power Over 240 horsepower / 176KW
Suspensi Ohlins upside down forks (depan)
Ohlins shock (belakang)
All adjustable for pre-load and compression, rebound damping
Bridgestone
16,5 inch (depan), 16,5 inch (belakang)
available as slick and wet tyres
Berat 158kg In accordance with FIM regulations

 

   
Penulis: