Harley Davidson Sportster S Teranyar Mengaspal, Desain Lebih Kekar & Sangar

 127 views

Milwaukee – Harley Davidson belum lama ini memperkenalkan terbaru di kelas entry level pada Selasa (13/7) di Milwaukee, Serikat. Motor gede (moge) cruiser bertajuk Harley Davidson Sportster S ini dipasarkan dengan USD14.999 atau sekitar Rp216 jutaan per unit.

Harley Davidson Sportster S – ultimatemotorcycling.com

“Sportster S jadi motor kedua yang dibekali dengan mesin baru V-twin Revolution Max 1250T. Mesin tersebut pertama kali digunakan oleh Pan America 1250,” demikian seperti dilansir dari Paultan melalui Kompas.

Harley Davidson Sportster S mengedepankan mesin berkapasitas 1.250 cc DOHC dengan 4 katup per silinder yang memakai katup lebih kecil dan bentuk ruang bakar yang berbeda. Dengan mesin tersebut, maka motor dapat menghasilkan torsi lebih besar pada putaran bawah sampai menengah. Mesin Harley Davidson Sportster S ini diklaim dapat menyemburkan tenaga hingga 121 tk pada 7.500 rpm dan torsi 127 Nm pada 9.000 rpm.

Jika ditinjau dari segi , Harley Davidson Sportster S terlihat begitu dan lebih . Di samping itu, knalpotnya terlihat begitu mentereng, lengkap dengan tangki dan buntutnya yang membuat ciri khas baru. Bagian jok dari Harley Davidson Sportster S sengaja dirancang single seater alias tanpa pembonceng. Desain Harley Davidson Sportster S ini kabarnya terinspirasi dari Harley Davidson FX750 yang bergaya tracker.

Selain mesin yang anyar, Harley Davidson Sportster S ini adalah “all new” dan merupakan generasi terbaru yang dibuat HD. Bagian sasis yang dipakai pun berbeda dari moge Harley Davidson sebelumnya. Di sektor suspensi lebih mengarah seperti suspensi motor dengan model upside down dari Showa berdiameter 43 mm yang sepenuhnya dapat disetel. Monoshock dari Showa pun bisa diatur sendiri oleh sang pengendara.

Kaki-kaki Harley Davidson Sportster S tampak lebih kekar karena pemakaian ban lebar. Adapun ban depan menggunakan konfigurasi 160/70-17 dan ban belakang berukuran 180/70-16. Tinggi jok motor ini hanya 753 mm dan tangki 11,8 liter. Untuk bobot keseluruhan, Sportster S mencapai 228 kg.

Nah, untuk fiturnya, HD Sportster S dilengkapi panel meter bulat berlayar TFT dengan ukuran 4 inci. Panel meter tersebut dapat disambungkan ke ponsel melalui aplikasi HD dengan konektivitas Bluetooth. Ada juga soket untuk mengecas dengan USB-C. Lalu, sistem penerangannya sudah LED dan ada cruise control. Sportster S ditunjang 4 mode berkendara, yaitu Road, Sport, Rain, dan Custom.

Baca juga:   Motor Royal Enfield yang Meluncur di Indonesia
   
Penulis: