Motor Honda Bakal Usung Sistem Pengereman Otomatis

 2435 views

Sepeda-.info – Pabrikan asal , , tampaknya semakin giat untuk terus memantapkan posisinya sebagai yang terdepan di industri kendaraan roda dua global. , diketahui telah mendaftarkan paten pengereman darurat untuk , seperti yang terdapat dalam draft paten baru yang diumumkan U.S. Patent and Trademark Office.

Repsol Honda – mendocinobaby.com

Nantinya, sistem pengereman otomatis ini akan bekerja menggunakan sensor aktif yang terdapat di sepeda motor. Ketika sensor mendeteksi adanya kendaraan, seperti yang berbelok mendadak dan tidak diketahui oleh pengendara, maka sistem pengereman darurat akan bekerja otomatis.

Honda sendiri telah mengembangkan terbaru ini sejak dua tahun lalu. Sebelumnya, pabrikan tersebut telah memiliki sistem yang sama, yaitu Collision Mitigation Braking System (CMBS) yang diaplikasikan untuk mobil tahun 2017. Agaknya, pabrikan berlogo sayap mengepak itu ingin menerapkan serupa untuk kendaraan roda dua.

Salah satu kecanggihan sistem pengereman ini adalah bekerja ketika pengendara tidak melakukan pengereman jika terjadi potensi kecelakaan. Namun, ketika pengendara melakukan pengereman saat terjadi potensi kecelakaan, maka sistem pengereman darurat ini tidak akan bekerja. Honda sendiri mengupayakan agar pengereman otomatis ini tidak malah menjadi pengganggu bagi rider, yang bisa menimbulkan risiko sendiri.

Sebelum melakukan paten terhadap sistem pengereman ini, Honda pada bulan Januari 2017 telah memamerkan teknologi terbaru mereka, yaitu sepeda motor yang bisa seimbang dan berdiri sendiri tanpa standar (self-balancing) di ajang pameran teknologi CES 2017. Motor ini dilengkapi dengan fitur bernama Riding Assist, trademark milik Honda yang berupa teknologi keseimbangan.

Baca juga:   Harga Cuma Rp65 Jutaan, Honda CRF250F Edisi 2019 Meluncur
   
Penulis: