YZF-R25R, Motor Terbaru Yamaha di Kelas 250cc?

 7244 views

Di tahun 2016 ini, sejumlah pabrikan dikabarkan akan meluncurkan lini sport terbarunya di segmen 250cc, salah satunya Yamaha. Perusahaan otomotif asal tersebut diberitakan akan meluncurkan unit YZF-R25R, sebuah penyegaran dari generasi sebelumnya, yaitu YZF-R25.

www.motorjipi.com

 

motor sport ini sebelumnya sudah muncul di sampul depan majalah Young Machine, sebuah majalah otomotif asal Jepang. Dilihat sekilas, YZF-R25R tidak mengalami perubahan yang signifikan, kecuali memiliki baru dengan sejumlah bagian yang saling bertukar. Bagian velg dan fairing yang dulunya berwarna hitam, kini berubah menjadi putih.

Namun, versi Yamaha R25 ini makin kental dengan gaya khas Eropa. Ini terlihat dari banyaknya tarikan garis dan lebih bersinambung dengan fokus melandai, serta fairing ke bagian tangki bahan bakar. Perubahan ini membuat tangki bahan bakar Yamaha R25R sedikit berbeda dan berkesan lebih ramping jika dibandingkan sebelumnya.

Perbedaan paling mencolok, jelas pada penggunaan huruf “R” di bagian belakang. Di samping itu, kemungkinan tidak ada perbedaan berarti dari model sebelumnya. Namun sayangnya, belum diketahui apakah motor terbaru ini akan dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Seperti diketahui, Yamaha YZF-R25 pertama kali dipamerkan pada November dan mulai menyapa publik otomotif Tanah Air di tahun silam. Motor ini memang disebut-sebut memiliki desain yang merupakan turunan dari YZR-M1, motor sport yang digunakan Yamaha untuk ajang MotoGP.

Yamaha YZF-R25 memiliki dimensi 2.090 x 720 x 1.135 mm, dengan jarak sumbu roda 1.380 mm dan jarak terendah ke tanah mencapai 160 mm. Motor sport ini memiliki berat isi 166 kg, dengan tangki bahan bakar berkapasitas 14,3 liter.

Untuk sektor dapur pacunya, Yamaha R25 menggendong bertipe DOHC, liquid-cooled, 4-stroke, 2 silinder, Direct Drive Camshaft dengan 8 katup, berkapasitas 249cc. Dengan bekal tersebut, kuda besi ini mampu meletupkan tenaga hingga 26,5 kW atau 36 hp pada putaran 12.000 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 23,2 Nm pada putaran 10.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi manual enam percepatan.

Baca juga:   Vega Force, Penerus Kesuksesan Yamaha Vega
   
Penulis: