Aprilia Shiver 750, Naked Bike Full Aura Racing

 1262 views

Jika kita berbicara tentang motor-motor dengan kategori premium, kita tentunya tidak boleh melupakan sosok Aprilia. Bersama dengan Ducati, Aprilia mewakili asal Italia yang bermain di segmen sport bike high-end. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian motor dari kedua merek ini ditawarkan dengan harga yang bikin geleng-geleng kepala.

Aprilia Shiver 750 – www.motorcycle-usa.com

 

Aprilia sendiri memiliki banyak jagoan untuk bersaing di kelas sport bike. Dan, salah satu jagoan Aprilia yang mencoba bangkit kembali di tengah sengitnya persaingan global adalah Shiver 750. Dikatakan mencoba bangkit kembali karena motor ini memang pernah mengalami periode suram ketika diperkenalkan pertama kali pada tahun 2007 lalu. Kala itu, respons pasar terhadap ini memang kurang menggigit.

Tiga tahun berselang, lewat sentuhan para insinyur Aprilia yang tentu bekerja keras memutar otak, model ini dilahirkan kembali dengan penampilan yang lebih baik dan juga spesifikasi mesin yang semakin menarik. Saat pertama kali muncul, banyak pihak yang menyayangkan Shiver tampil sangat buruk untuk ukuran sepeda motor hasil produksi Aprilia. Kini, pabrikan yang kerap menghadirkan motor-motor berkelir merah itu merombak bagian jok sehingga lebih rendah, bagian rem, riding position, serta kaki-kaki, dengan harapan mampu terjual lebih banyak.

Pada model terbaru, Aprilia lebih menonjolkan sisi racing pada model Shiver 750. Motor yang bermain di segmen ini mengusung rangka yang terbuat dari bahan aluminium, sedangkan bagian shock absorber dibuat dari campuran bahan baja dengan material yang ringan. Hasilnya adalah berat motor tereduksi menjadi 48 lbs. dalam kondisi full bahan bakar.

Di samping itu, model terbaru motor ini juga mengusung tiga modus berkendara, yaitu Touring jika biker ingin berkendara santai, Rain ketika kondisi jalan tidak membuat grip ban bekerja sempurna, dan Sport ketika rider ingin mengeksplorasi secara total kuda besi ini. canggih lainnya yang tersemat pada motor ini adalah headlamp dengan LED, speedometer digital, hingga ABS (Anti-lock Brake System) di pengereman.

Untuk bagian jantung pacu, Aprilia Shiver 750 menggendong mesin 4-stroke, V-twin, DOHC, 4 valve per silinder, berkapasitas 749,9cc, liquid-cooled. Dengan bekal tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 69,8 kW pada putaran 9.000 rpm dan torsi puncak menembus angka 80,9 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Saat ini, Aprilia menghadirkan Shiver 750 dalam pilihan warna merah dan hitam. Di pasar global, satu unit motor ini ditawarkan dengan harga mulai USD 8.699. Berikut spesifikasi teknis Aprilia Shiver 750.

Mesin 4-stroke, V-twin, DOHC, 4 valve per silinder, liquid-cooled
Kapasitas Mesin 749,9cc
Daya Maksimum 69,8 kW@ 9.000 rpm
Torsi Maksimum 80,9 Nm @ 7.000 rpm
Suspensi Depan Upside down 43 mm
Suspensi Belakang Aluminium swing arm
Rem Depan Double disc 320 mm, 4-piston
Rem Belakang Single disc 240 mm, single-piston
Ban Depan 120/70ZR-17
Ban Belakang 180/55ZR-17
Tinggi Jok 810 mm
Kapasitas Bahan Bakar 15 L
Emisi Euro3
Dimensi 2.265 x 810 x 1.135mm
Berat 189 kg
   
Penulis: