Bajaj Siapkan Urbanite, Motor Bertenaga Listrik

 250 views

-.info – Tren sepeda motor ternyata juga menghinggapi perusahaan asal India, Bajaj. Kabar menyebutkan bahwa pabrikan asal Negeri Sungai Gangga tersebut sedang mempersiapkan sebuah kuda besi yang dibekali dengan tenaga listrik. Bernama Urbanite, motor dengan layaknya itu rencananya akan mulai diperkenalkan pada tahun ini.

Bajaj Urbanite – www.otosia.com

Menurut beberapa sumber, Bajaj akan menggandeng produsen KTM yang telah berafiliasi. motor listrik yang akan digunakan skuter ini akan memakai milik KTM. Seperti diketahui, KTM sekarang tengah mengembangkan motor listrik untuk KTM 390 Duke. Pabrikan asal Austria sendiri sudah melakukan pengujian motor listrik mereka pada tahun 2018 kemarin.

Kembali ke skuter listrik produksi Bajaj, seperti namanya, yaitu Urbanite, ini memang akan fokus menyasar generasi urban yang memiliki mobilitas tinggi. Urbanite juga diposisikan sebagai solusi kaum perkotaan dengan tampilan yang futuristik bagi pasar Negeri Sungai Gangga, bahkan di negara lain di luar India.

Meski demikian, perusahaan tampaknya masih malu-malu untuk berbicara mengenai sepeda motor listrik mereka. Padahal, sudah banyak yang tahu bahwa perusahaan tersebut sedang menuju elektrifikasi dan mendukung gerakan ramah lingkungan. “Kami sangat berharap mobilitas listrik untuk kendaraan roda dua dan roda tiga,” ujar Managing Director Bajaj Auto, Rajiv Bajaj.

Selain kendaraan roda dua, Bajaj juga dikabarkan akan meluncurkan kendaraan roda tiga dengan teknologi listrik. Saat ini, Bajaj roda tiga bertenaga listrik sedang melakukan pengujian di negara asalnya, India. Generasi terbaru Bajaj ini akan memiliki dimensi lebih besar, dengan empat kursi, yaitu satu pengemudi dan tiga penumpang.

Dilansir Tempo, Bajaj listrik nantinya akan menggunakan baterai Lithium-ion 48 volt. Baterai ini dapat ditukar, dan pengisian daya menggunakan pengisi daya onboard, yang opsional, membutuhkan waktu enam jam. Mengganti baterai membutuhkan waktu enam menit. Dengan muatan penuh, Bajaj bertenaga listrik dapat mencapai jarak 120 kilometer.

“Sangat banyak Qute listrik dan roda tiga listrik dalam agenda kami,” tutur Rajiv Bajaj. “Sejalan dengan BS-VI (aturan emisi di India), yang mulai berlaku sejak April tahun depan, sama seperti kami membuat kendaraan bensin dan diesel yang mematuhi BS-VI, itu adalah tujuan kami untuk memperkenalkan kendaraan listrik, yaitu Qute dan versi roda tiga.”

   
Penulis: