Berkenalan dengan Vespa Bajaj, Skuter Asal India

 5879 views

Di Indonesia, Bajaj memang lebih akrab dengan kendaraan roda tiga atau Pulsar. Padahal selain dua kendaraan itu, Bajaj pun pernah merilis varian yang populer dengan nam Bajaj.

vespa bajaj – antiklasikunik.blogspot.com

 

PT Bajaj Auto yang dibentuk sejak tanggal 29 November 1945 dengan Bachraj Trading Ltd, pada tahun 1960 berhasil memperoleh lisensi dari Piaggio untuk membuat dengan nama Bajaj Auto. Di tahun yang sama, perusahaan asal India ini juga merilis Vespa 150 usai mendapat persetujuan dari Piaggio.

Kemudian setelah satu dekade memproduksi skuter Vespa, Bajaj pun memperoleh lisensi untuk memproduksi Bajaj Chetak yang memiliki tampilan mirip Vespa 150, tepatnya pada tahun 1972. Nama Bajaj Chetak sendiri diambil dari kuda legendaris tentara India, Rana Pratap Singh, yakni Chetak. Sejak diluncurkan, Chetak menjadi salah satu motor terlaris Bajaj selama beberapa dekade.

Sayangnya, perjanjian lisensi dengan Piaggio harus berakhir pada tahun 1977. Namun, produksi terus dijalankan dan Bajaj pun merilis Bajaj Super, ikon baru mereka yang memiliki berbagai yang identik dengan Vespa.

Kemudian, di bawah perjanjian lisensi yang baru, Bajaj merilis Bajaj Priya. Skuter ini juga memiliki yang mirip dengan Vespa 150. Meski begitu, Bajaj Priya menggunakan headset yang tidak tertutup sepenuhnya dan dilengkapi speedometer model “volcano”. Headset yang semi tertutup ini memudahkan akses ke kabel, serta memiliki saklar yang terintegrasi.

Di samping model Priya, Bajaj juga pernah merilis Bajaj Super. Model ini memasukkan berbagai fitur yang ada pada Vespa VNA, VNB, VBB, Super, dan Sprint, misalnya roda 8 inci dan lampu Vespa SS180 yang tampak pada model yang dirilis pada tahun 1981.

Untuk sektor jantung pacu, Bajaj Super mengusung tipe 2-stroke, berkapasitas 150cc yang mampu meletupkan tenaga 7,5 BHP pada putaran 5.500 rpm dan torsi puncak 1,01 kg.m. Skuter ini juga mampu meraih maksimal 80 km per jam dalam pengujian standar.

Berikut umum Bajaj Super.

Panjang x Tinggi 1.770 mm x 1.080 mm
Jarak Sumbu Roda 1.230 mm
Berat 103 kg
Tipe Mesin 2-stroke, 150cc
Daya Maksimum 7,5 BHP @ 5.500 rpm
Torsi Maksimum 1,01 kg.m
Bahan Bakar 5 liter
Ban Depan 3,5 x 8
Ban Belakang 3,5 x 8
Rem Depan Tromol
Rem Belakang Tromol
   
Penulis: