Perdana di ASEAN, BMW F 900 XR Rilis di Bangkok Motor Show 2020

 39 views

Sepeda-.info – Beberapa waktu lalu, BMW Motorrad Indonesia resmi melemparkan varian BMW F 900 R ke pasaran dalam negeri. Nah, selain BMW F 900 R, ternyata pabrikan otomotif asal Jerman tersebut juga merilis BMW F 900 XR. Bedanya, kuda besi ini tidak diluncurkan di Indonesia, melainkan di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020 sekaligus menjadi yang perdana di pasar ASEAN.

BMW F 900 XR – bikemotorbike.blogspot.com

Di atas kertas, melihat motor seperti BMW F 900 XR, mungkin akan membandingkannya dengan saudaranya, BMW S 1000 XR. Selain memakai senama yang sama ‘XR’, kedua kuda besi ini juga berbagi banyak . Memang, tidak dapat disangkal, BMW dengan sengaja menata motor terbarunya agar terlihat seperti saudara kandungnya yang premium, dan sangat mungkin membuatnya untuk mengisi celah yang tidak pernah benar-benar diisi oleh BMW F 800. 

BMW F 900 XR sendiri merupakan motor touring yang lebih mudah diakses dari model XR. Secara posisi, motor ini akan menempati di bawah BWM S 1000 XR yang lebih besar. Model ini pun menawarkan gaya yang mirip seperti BMW F 850 GS, namun tetap sporty. Tampilan sporty ini tampak melalui fairing di bagian depannya. Namun, demi memberikan kesan petualang, kuda besi ini mendapatkan kaca depan yang dapat disesuaikan. Selain itu, bagian suspensi depan dibuat dengan travel yang sangat panjang, sekaligus memberikan kesan tinggi pada motor.

Sementara, untuk urusan jantung pacu, pabrikan membekali BMW F 900 XR dengan twin paralel berkapasitas 895cc, yang sama dengan model , BMW F 900 R, yang baru saja dirilis di Indonesia. Dengan modal tersebut, ini dikatakan dapat meletupkan tenaga maksimal 105 HP pada putaran 7.750 rpm serta menggapai torsi puncak 92 Nm pada putaran 6.500 rpm. 

Selain itu, BMW F 900 XR memiliki beragam yang cukup lengkap. Satu di antaranya adalah mode berkendara yang terdiri dari Rain dan Road. Selain itu, Anti-lock Braking System dan Automatic Stability Control juga hadir pada model ini. Pabrikan menawarkan BMW F 900 XR dalam dua pilihan , yakni Exclusive Style dengan Galvanic Gold Metallic dan Sport in Racing Red. Soal harganya, sayangnya belum dirilis secara resmi.

   
Penulis: