Bracket Box untuk Suzuki Hayate, Berapa Harganya?

Buat para yang hobi melakukan , box tentunya menjadi salah satu peralatan wajib yang harus dibawa. Box ini berfungsi untuk menampung segala kebutuhan pengendara, mulai pakaian, peralatan mekanik, hingga barang-barang elektronik.

bracket box hayate – fjb.kaskus.co.id

 

Untuk membawa atau menaruh box pada motor, dibutuhkan sebuah bracket. Bracket sendiri merupakan piranti yang memang berfungsi untuk meletakkan box pada motor. Di sendiri, sudah banyak beredar bracket dengan berbagai macam dan , baik yang diproduksi secara lokal maupun yang didatangkan dari luar negeri.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih bracket ini adalah ketebalan plat dan ketebalan dudukan. Ketebalan tersebut sebaiknya minimal 5 mm. Kemudian, yang tak kalah penting lagi adalah tekukan antara dudukan base plate dan dudukan pada behel. Usahakan, tekukan tersebut tidak ada bentuk patah atau bersudut, tetapi berbentuk radius. Pasalnya, jika ada bentuk patah atau bersudut, akan mengakibatkan kurang kuatnya bracket dalam menampung box.

Di Indonesia, ada beberapa bracket yang banyak digunakan para pengendara , di antaranya bracket monorack atau yang biasa disebut bracket statis, yaitu bracket yang paling banyak diminati karena bentuknya yang simpel dan tidak terlalu berat. Selain itu, bracket ini juga hampir tidak membutuhkan perawatan khusus.

Kemudian, ada bracket geser, yaitu bracket yang bisa digeser maju dan mundur dan cocok untuk berbagai jenis motor. Bracket ini biasanya mempunyai ketebalan besi asli kurang lebih 10 mm, bukan dempulan.

Lalu, ada bracket wingrack yang dirilis oleh GIVI. Ini merupakan bracket dengan bentuk paling elegan dan menjadi idaman setiap biker. Bracket wingrack bisa digunakan untuk memasang top box atau side box. Wingrack diklaim lebih stabil jika dibandingkan dengan mengombinasikan bracket MR4 dan SB1000/2000.

Namun sebelum membeli bracket, perhatikan terlebih dulu dudukan baut, apakah dua atau empat. Motor yang hanya memiliki titik tumpuan dua baut, disarankan menggunakan bracket monorack HR4. Sementara untuk empat baut, bisa menggunakan MR 4.

Nah, bagi Anda yang memiliki skuter matik Suzuki Hayate dan ingin memasang bracket pada kuda besi ini, berapa bracket tersebut? Untuk model bracket box brace boon, dijual dengan Rp175.000, sedangkan DAHS bracket Suzuki Hayate ditawarkan dengan Rp180.000.

   
Penulis: