Suzuki TRS. Motor Jadul Kendaraan Pegawai Negeri

 20189 views

Suzuki merupakan salah satu merek sepeda yang sangat populer di . Sejak mengembangkan sayapnya ke Tanah Air pada tahun 1973 silam, pabrikan asal Jepang ini telah merilis banyak varian sepeda motor menarik dan gahar untuk pasar otomotif .

suzuki trs – www.otomagz.com

 

Selain motor tipe bebek (moped) dan , pabrikan berlogo huruf “S” itu juga tercatat puluhan kali melempar motor model sport di Indonesia. Dan, salah satu motor sport Suzuki yang cukup melegenda adalah Suzuki TRS.

Motor ini pertama kali dirilis di pasaran Indonesia pada pertengahan tahun 1980-an. Saat itu, Suzuki TRS dihadirkan sebagai penerus kedigdayaan Suzuki GP Series, yaitu Suzuki GP 100 (1978) dan Suzuki GP (1978-1981).

Pada era 1980-an hingga 1990-an, Suzuki TRS bisa dibilang sebagai motor kecamatan. Pasalnya, motor ini memang banyak digunakan sebagai kendaraan dinas pegawai kecamatan. Tak aneh jika plat nomor motor Suzuki TRS saat itu lebih didominasi plat nomor berwarna merah, khas kendaraan pegawai negeri.

Suzuki TRS sendiri secara sekilas mengusung yang mirip dengan RX King dan Kawasaki Binter GTO, sang kompetitor di kelas motor sport 2-stroke saat itu. Motor ini membawa tangki bahan bakar berukuran besar dan indikator posisi persneling atau gear. Indikator ini termasuk modern di zamannya dan banyak diterapkan oleh motor bebek pada era sekarang.

Untuk sektor jantung pacu, Suzuki TRS menggendong mesin tipe 2-stroke, pendingin udara, berkapasitas 118cc. Tenaga yang dihasilkan motor ini sangat cukup untuk digunakan sebagai transportasi sehari-hari, meski tenaga baru akan terasa di putaran menengah ke atas.

Saat ini, Suzuki TRS lebih banyak digunakan sebagai bahan modifikasi. Pasalnya, secara , motor ini memang dianggap tidak terlalu keren. Terlebih, pemasangan karburator yang disembunyikan di blok sebelah kanan yang dianggap kurang elegan, meski secara fungsi lebih aman.

Karena sudah tidak diproduksi lagi, Suzuki TRS yang beredar di pasaran saat ini banyak yang merupakan bekas. Jika ingin memiliki motor ini, harga bekas Suzuki TRS berkisar di antara Rp2.000.000 hingga Rp2.800.000, tergantung kondisi motor yang bersangkutan.

Baca juga:   Motor 600cc Kelas Premium yang Mengaspal di Indonesia
   
Penulis: