Cacat Produksi, 2.222 Moge Honda Ditarik dari Peredaran

 3481 views

Tokyo – Pabrikan Otomotif Multinasional Terbesar di , , baru-baru ini menarik 2 seri mogenya dari peredaran.  Sebanyak 2.222 unit Goldwings dan Goldwings Baggers di-recall akibat adanya cacat produksi pada sektor pengereman yang berpotensi memicu kebakaran.

Dilansir dari Visordown (13/1), Seri-seri yang ditarik mencakup GL1800 Goldwings dan GL1800 F6B Baggers yang diproduksi pada Juni 2000 hingga September . Motor Touring bermesin 1.800cc ini harus diperiksa pada remnya. Dikabarkan pula bahwa line-up Honda Inggris telah menghentikan Honda Goldwings Baggers.

Baca juga:   Bergaya Neo Sports Café, Honda CB650R Melantai di EICMA 2018

Permasalahan muncul pada bagian katup pembuangan residu kampas rem yang terkikis. Katup ini berpotensi mampet, sehingga bisa saja rem tiba-tiba aktif tanpa perintah pengereman dari pengendara dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Kampas rem yang terus bekerja juga akan menimbulkan panas berlebih, sehingga bisa terbakar secara tiba-tiba.

Peristiwa recall motor oleh Honda ini merupakan kali ketiga kejadian serupa dalam 2 bulan terakhir. Sebelumnya ada 2 pabrikan motor lainnya yang juga mengalami hal serupa, yakni BMW Motorrad dan Aprilia. BMW Motorrad dikabarkan menarik 281 unit skuter matiknya. Sedangkan Aprilia, menarik 19 unit motor sportnya kembali ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen.

Baca juga:   Daftar Moge Terbaru dari Honda - 2015
   
Penulis: