Kelemahan Honda Vario Techno 110 yang Membuatnya Discontinue

 3703 views

Bagi para penggemar skuter matik, pasti sudah tidak asing lagi dengan varian . merupakan yang diluncurkan PT Astra Honda (AHM) pertama kali pada tahun 2006 silam. Skuter ini dihadirkan untuk mengantisipasi makin populernya skuter otomatis di pasar roda dua Indonesia.

Honda Vario Techno 110 – www.motorganteng.com

 

Honda Vario sendiri hadir dalam beberapa varian. Diawali Standard yang mengusung berkapasitas 110cc, PT AHM kemudian meluncurkan varian Vario Techno 110 pada tahun 2009 lalu. Model yang juga dikenal dengan nama Click-i di pasar Thailand tersebut sudah mengaplikasikan sistem pengabutan PGM-FI, sebuah sistem bahan bakar fuel buatan Honda.

Di samping mengusung teknologi PGM-FI, Vario Techno 110 juga dibekali dengan tampilan desain baru serta memperkenalkan sistem Combination Brake atau Combi-Brake System (biasa disingkat CBS). Sistem CBS ini merupakan sistem bersamaan dengan otomatis ketika rem belakang diaktifkan. Namun, sistem ini tidak aktif ketika pengendara mengerem dengan hanya menggunakan rem depan.

Di sektor jantung pacu, asal Jepang membekali Honda Vario Techno 110 dengan mesin 4-stroke, SOHC, 2 katup, pendingin cairan, berkapasitas 108cc. Dengan modal tersebut, skuter ini disebut mampu meletupkan tenaga maksimal 8,99 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak menyentuh angka 0,86 kg-m pada putaran 6.500 rpm.

Meski tampil dengan desain impresif, sayangnya umur Vario Techno 110 hanya bertahan sekitar 4 tahun. Menurut beberapa konsumen, skuter ini masih memiliki banyak kelemahan yang membuat PT AHM memutuskan menyuntik mati Vario Techno 110 dan menggantinya dengan versi Vario Techno 125. Berikut beberapa kelemahan Honda Vario Techno 110 di mata konsumen.

  • Vario Techno 110 tidak memiliki sekaya model Vario Techno 125, termasuk Idling Stop System atau ISS, sebuah teknologi yang diperuntukkan menghemat bahan bakar. Padahal, harga yang ditawarkan PT AHM untuk Vario Techno 110 lebih mahal dibandingkan sang adik.
  • Sebagian konsumen beranggapan Honda Vario Techno 110 tidak cocok dipakai untuk melintasi jalanan yang menanjak. Namun, untuk melintasi jalanan yang lurus, top speed skuter ini masih bisa diandalkan.
  • Ukuran bagasi yang tidak terlalu lapang.
   
Penulis: