Ciptakan Motor Autopilot, YAMAHA Gandeng Ahli Robotika dan Drone

 1558 views

Silicon Valley, California – Belum lagi puas menciptakan MOTOBOT, kembali berambisi menciptakan inovasi berupa sepeda yang mampu berjalan secara autopilot atau tanpa pengemudi.

hiroyuki yanagi – asia.nikkei.com

 

Dilansir dari Financial Times (28/3), Yamaha sedikitnya telah menginvestasikan dana sebesar USD 20 juta untuk pabriknya di Silicon Valley, California, Serikat. Untuk mengawalinya, Yamaha akan melakukan riset tentang robotika dan drone untuk menyempurnakan otonomos yang akan digunakan.

”Ini bukan senseof crisis (terbawa arus). Kami hanya ingin memastikan bahwa Yamaha ada di urutan terdepan ketika autopilot menjadi kenyataan,” kata CEO Yamaha Motor Co, Hiroyuki Yanagi, sebagaimana dilansir laman FT.

Yanagi menekankan, target Yamaha menciptakan motor autopilot bukan untuk menciptakan kendaraan yang bisa berjalan sendiri tanpa pengemudi, namun lebih pada upaya taktis mencegah terjadinya kecelakaan.

Rider assistance system Yamaha salah satunya telah berhasil diaplikasikan pada motor R1. Teknologi tersebut mampu mengontrol slide, rem, dan gerakan lainnya. canggih inilah yang akan dikembangkan lagi oleh Yamaha untuk pola dasar sepeda motor autopilot terbarunya.

Untuk memuluskan langkahnya, Yamaha telah merekrut beberapa profesional di bidang robotika dan drone di Silicone Valley. Langkah efektif ini diharap memberi kontribusi besar bagi proyek motor autopilot Yamaha yang ditargetkan rampung 10 tahun ke depan.

Sebelumnya, pabrikan berlambang garpu tala tersebut telah menciptakan MOTOBOT, yakni robot yang mampu memacu sepeda motor hingga 200 km/jam.

   
Penulis: