DKW Hummel, Motor Bebek Unik dan Antik Era 1950-an

 10645 views

Bagi penggemar sekaligus antik, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama DKW. DKW atau Dampf Kraft Wagen merupakan pabrikan asal Jerman yang didirikan pertama kali pada tahun 1916. Tahun 1919, perusahaan ini memproduksi bermesin 2-stroke yang disebut Das Knaben Wunsch (juga disingkat DKW). Kemudian, pada tahun 1932, pabrikan ini melakukan merger dengan Audi, Horch, dan Wanderer untuk membentuk Auto Union.

DKW Hummel – bright-cars.com

 

Sebagai salah satu produsen legendaris, motor-motor buatan DKW memang memiliki unik yang jauh berbeda dengan motor-motor keluaran baru. Salah satu motor buatan DKW yang cukup unik adalah DKW Hummel. DKW Hummel merupakan motor bebek (moped) buatan DKW dan Auto Union yang diproduksi di Ingolstadt serta dijual pertama kali pada tahun 1956.

Secara tampilan, motor ini mengusung desain mirip sepeda pancal yang tampak pada model jok tunggal, bentuk bayangan di bagian depan, serta lampu depan mini berbentuk bulat. Kesan sepeda kayuh juga tampak pada bagian kaki-kaki, model suspensi, model pijakan kaki atau footstep, dan juga velg dengan jari-jari cukup banyak.

Roda depan motor ini dipandu dengan suspensi lengan ayun pendek, sedangkan roda belakang disokong suspensi yang cukup elastis. Pada cross-arm, memiliki aksen krom yang tergolong cukup mewah di era tersebut dan celemek yang menutupi roda depan bagian bawah.

Di sektor jantung pacu, DKW membekali Hummel dengan 2-stroke, silinder tunggal, berpendingin udara dengan sirkulasi terbalik, berkapasitas 49cc. Dengan modal tersebut, motor unik ini diklaim mampu menyemburkan daya maksimal 1,35 PS pada putaran 4.400 hingga 4.500 rpm melalui transmisi manual 3-percepatan.

Hingga tahun 1958, DKW berhasil membangun 117.617 unit Hummel. Pada tahun 1960, produksi motor ini dilanjutkan dengan nama yang sama namun mengusung mesin yang lebih besar, yaitu berkapasitas 113cc. Selain itu, Hummel juga tersedia dalam opsi dua seat. Berikut teknis DKW Hummel.

Tipe Mesin 2-stroke, silinder tunggal, berpendingin udara
Kapasitas Mesin 49cc
Diameter x Langkah 40 x 39 mm
Daya Maksimum 1,35 PS @ 4.400 rpm – 4.650 rpm
Transmisi Manual, 3-speed
Rangka Rangka Baja Tekan
Suspensi Depan Roda pendek dengan karet gelang
Suspensi Belakang Lengan ayun
Jarak Sumbu Roda 1.350 mm
Ukuran Ban Depan dan Belakang 2,20/2,25-23
Kapasitas Bahan Bakar 5,5 liter

Saat ini, DKW Hummel menjadi buruan para kolektor barang antik atau penggemar motor-motor klasik. Di Indonesia, DKW Hummel ditawarkan mulai Rp10 jutaan.

   
Penulis: