Gaya Retro Tapi Modern, Penampakan Utuh Motor Suzuki Katana Akhirnya Terungkap!

 258 views

Cologne – Usai menggoda para penggemar lewat sejumlah teaser yang misterius, akhirnya resmi mengenalkan gede (moge) terbarunya, Suzuki Katana 1000 di ajang Intermot 2018 yang diselenggarakan di Cologne, Jerman. Katana alias GSX1000 mengusung yang berbeda dari GSX Series lainnya. gahar ini mengedepankan desain Katana retro roadster yang sempat diperkenalkan tahun 1980 silam.

Suzuki Katana 1000 – oto.detik.com

Diluncurkannya Suzuki GSX bergaya retro namun ini rupanya adalah upaya Kawasaki untuk menyaingi sosok Kawasaki yang sudah lebih dulu sukses lewat varian Z900 RS Roadster. Suzuki GSX-S1000 dibangun dengan basis GSX-S yang menggunakan Twin-Spar beam alloy frame. Di samping itu, Suzuki Katana teranyar juga dilengkapi GSX-R Swingarm, upside down forks, dan radial Brembo front calipers.

“Katana yang serba baru adalah demonstrasi besar dari masa depan Suzuki. Ada banyak lagi yang akan datang dari Suzuki, karena kami mempertahankan perspektif pelanggan kami yang terfokus dan membawa yang inovatif dan menarik kepada orang-orang di seluruh dunia,” ujar Toshihiro Suzuki, Presiden Suzuki Motor Corporation, Selasa (2/10), seperti dilansir Bisnis.

Tampilan Suzuki Katana anyar ini memang cukup menyedot perhatian karena mengusung desain unik pada bagian lampu utama yang terlihat kotak. Kemudian logo Katana ditampilkan pada bagian . Namun sayang, pihak Suzuki masih belum bersedia mengungkap beraga harga banderol resmi untuk motor keren tersebut.

Motor yang sudah dilengkapi dengan fitur berupa kontrol traksi 3 mode dan pengereman anti-lock braking system (ABS) ini mengedepankan bentuk yang mirip seperti motor konsep di EICMA Italia tahun 2017 lalu. Kala itu Katana juga mengusung warna silver dengan single headlamp berbentuk trapesium yang dibalut half fairing. Pada yang dirilis kali ini desainnya juga tak jauh berbeda, Katana teranyar dibekali lampu utama yang sudah berteknologi LED.

Selain itu, Katana juga memakai setang model clip on dan didukung speedometer yang sudah full digital. 999 cc 4 stroke dan berpendingin cairan yang digunakan Katana ini diklaim dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 110 kW pada 10.000 rpm dan torsi 108 Nm pada 9.500 rpm.

   
Penulis: