Harga Kiprok (Regulator) 2P2 Yamaha Vega R, Vega ZR, dan Jupiter Z (Orisinal)

Sebagai pengendara yang baik, Anda sudah semestinya memperhatikan pendukung kuda besi Anda beserta fungsinya, salah satunya kiprok. Kiprok adalah salah satu yang berperan dalam pengaturan kelistrikan motor. Kiprok ini merupakan sebuah rangkaian elektronika untuk menstabilkan tegangan arus dari sebuah sumber dan kemudian membuang arus yang berlebih ke massa (ground).

kiprok vega r – www.bukalapak.com

 

Pada dasarnya, kiprok adalah mengubah arus AC (Alternating Current) menjadi arus DC (Direct Current) atau arus bolak-balik menjadi searah dan sebagai pengisian aki. Karena berhubungan langsung dengan aki dan mengatur arus listrik, peran kiprok menjadi sangat vital. Rusaknya kiprok ini akan menyebabkan lemahnya pengisian aki dan lampu motor bisa menjadi redup walau gas sudah dibuka.

Fungsi lain dari kiprok adalah sebagai penstabil tegangan. Tegangan yang dihasilkan oleh bagian spull ada di kisaran angka 24 Volt. Angka ini merupakan angka yang cukup tinggi dan sangat merusak komponen  karena hampir seluruh komponen pada bekerja pada tegangan 12 Volt. Karena itu, tegangan 24 Volt harus diubah ke tegangan 12 volt menggunakan kiprok.

Beberapa kasus motor mati di tengah jalan, aki cepat soak, atau lampu utama yang tiba-tiba temaram bahkan padam, bisa disebabkan kondisi kiprok yang tidak lagi maksimal atau rusak. Meski kondisi kiprok sulit untuk dipantau oleh orang awam, namun bukan berarti tidak ada cara untuk mengetahuinya.

Ada cara paling sederhana untuk mendeteksi kinerja kiprok, apakah masih baik atau sudah bermasalah. Caranya, yaitu dengan menyalakan motor dan biarkan menyala tanpa digas selama beberapa saat. Setelah itu, sentuh kiprok dengan tangan, jika terasa hangat dan perlahan memanas, berarti kiprok dalam kondisi normal.

Karena memiliki peran yang cukup vital, ada baiknya kiprok yang rusak segera diganti untuk menjaga kelistrikan motor secara optimal. Kiprok bisa didapat di bengkel resmi motor atau pada agen perlengkapan sepeda motor yang menjual kiprok bekas.

Khusus untuk Anda, pemilik kendaraan Vega R, Vega ZR, atau Jupiter Z keluaran Yamaha, kiprok yang bisa digunakan adalah kiprok (atau regulator) dengan kode 2P2. Untuk versi orisinal, kiprok atau regulator ini dijual dengan Rp115.000 per buah.

   
Penulis: