Harley Davidson V-Rod, Perpaduan Kualitas dan Style

 2132 views

Jika berbicara tentang motor gede, kita tentunya tidak bisa lepas dari sosok Harley Davidson. asal Negeri Paman Sam memang menjadi jaminan mutu untuk motor besar berkualitas. Bahkan, saking identiknya brand motor ini dengan segmen motor gede, banyak masyarakat yang menyebut motor gede dengan sebutan motor Harley.

Harley Davidson V-Rod – www.pinterest.com

 

Secara garis besar, motor buatan Harley Davidson bisa dibedakan menjadi tujuh jenis, yaitu Touring, Cruiser, Buell, Softail, Dyna, Sportster, dan V-Rod. -model tersebut dibedakan berdasarkan frame, engine atau , suspensi, dan juga karakteristik lainnya. Dan, bagi mereka yang mencari kualitas mumpuni sekaligus style dari sosok Harley Davidson, maka V-Rod layak menjadi pilihan terdepan.

Model V-Rod pertama kali diperkenalkan Harley pada tahun 2001 silam untuk bersaing di segmen motor muscle. Pabrikan ini bekerja sama dengan Porsche untuk merancang model ini. Drag bike ini mempertahankan konsep desain VRSC yang asli, dengan beberapa perbaikan yang diharapkan mampu mengangkat popularitas V-Rod di industri roda dua dunia.

V-Rod sendiri hadir dengan desain yang sangat futuristik. Model ini mengombinasikan desain motor cruiser dengan drag bike, yang tampak pada bentuk singel seat dengan sandaran punggung, ketinggian jok yang rendah, ketinggian setang yang juga rendah, lampu depan model membulat, serta model knalpot besar dan panjang.

Di bagian jantung pacu, pabrikan Serikat membekali V-Rod dengan mesin V-Twin, liquid-cooled, Revolution, berkapasitas 1.247cc, ESPFI (electronic sequential port fuel ). Dengan modal tersebut, motor sangar ini disebut mampu meletupkan torsi puncak 87 ft-lb pada putaran mesin 6.750 rpm melalui transmisi manual  5 percepatan.

Saat ini, V-Rod hadir dalam dua model, yaitu V-Rod Muscle dan Rod Night Special. Untuk model V-Rod Muscle, ditawarkan mulai USD 17.449 untuk varian warna Vivid Black, USD 17.799 untuk varian warna lainnya, serta USD 17.999 untuk model dengan dua warna. Sementara, model Rod Night Special dilepas di kisaran USD 17.849.  Berikut teknis Harley Davidson V-Rod.

Panjang 94,8 inch
Tinggi Jok 25,6 inch
Jarak ke tanah 4,1 inch
Jarak Sumbu Roda 67 inch
Ban Depan 120/70ZR-19 60W
Ban Belakang 240/40R-18 79V
Bahan Bakar 5 gal
Tipe Mesin Liquid-cooled, Revolution, V-Twin
Kapasitas Mesin 1.247cc
Sistem Bahan Bakar ESPFI
Diameter x Langkah 4,13 x 2,835 inch
Torsi Maksimum 87 ft-lb @ 6.750 rpm
Transmisi Manual, 5-speed
Rem Depan dan Belakang Cakram, 4-piston caliper
   
Penulis: