Honda Ternyata Diam-Diam Ajukan Paten Desain Motor Retro Terbaru Bergaya Café Racer

 530 views

Jakarta tampaknya hendak fokus untuk menggarap bergaya retro dalam beberapa tahun ke depan. Usai merilis bebek retro legendaris Super Cub C125, ternama asal Jepang ini ketahuan sedang menyiapkan motor retro lainnya.

Gambar Sketsa Honda CBX Café Racer – otomotif.kompas.com

yang dinamai CBX tersebut belum lama ini dikabarkan sedang didaftarkan desain patennya di Jepang. Gambar sketsa Honda CBX pun banyak beredar di dunia maya. Dilihat dari bocoran penampakan yang beredar, rupanya tampilan CBX terinspirasi dari motor balap café racer pada era 60-an. Hal ini terlihat dari fairing setengah badan dengan lampu depan bulat.

Sayangnya pihak Honda masih belum membeberkan seperti apa dari sepeda motor bergaya café racer tersebut. Namun dilihat dari desainnya, CBX kemungkinan akan mengusung 6 silinder. “ lainnya adalah penggunaan pendingin cairan dan diharapkan disuntik dengan motor besar Honda lainnya,” demikian seperti dilansir dari Kompas.

Apabila menilik secara keseluruhan, Honda CBX mengusung desain yang tidak jauh berbeda dari Triumph Thruxton R atau R nine T Racer, di mana motor ini memiliki kesamaan dari penggunaan stang clip on, fairing yang khas, lampu sorot yang menukik, dan rear seat cowl. Dari sketsa juga tampak bahwa motor Honda CBX mempunyai jok dengan desain yang meninggi serta bagian belakangnya tertutup cowl dan dapat dilepas untuk mengangkut boncengers.

Masih belum ada bocoran mengenai kapan Honda CBX akan ditampilkan atau diumumkan seperti apa wujudnya secara jelas. Namun banyak pihak menduga jika Honda akan memperkenalkan model Honda CBX dalam gelaran bergengsi EICMA 2018 akhir tahun ini.

Honda CBX sendiri pertama kali diperkenalkan tahun 1978 hingga 1982 dan kala itu menjadi model flagship Honda. CBX yang diluncurkan pertama kali mengusung mesin berkapasitas 1.048 cc in-line 6 silinder yang diklaim mampu menyemburkan tenaga 105 tk dan menjadi produk pertama Honda dengan mesin 6 silinder teknologi motor balap untuk penggunaan jalan raya.

   
Penulis: