Ingin Mendaftar Layanan Angkutan Motor Gratis saat Lebaran? Begini Caranya

 1397 views

Surabaya – Tak berbeda dengan dua tahun sebelumnya, kembali bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk menyediakan angkutan selama musim 2016.

layanan angkutan motor gratis saat lebaran – harianjogja.bisnis.com

 

Langkah ini dinilai masih menjadi solusi terbaik untuk mengurangi kepadatan dan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya pada arus balik lebaran, yang kebanyakan didominasi oleh .

Disampaikan oleh Manajer Daop 8 Surabaya, Suprapto, pemberlakuan angkutan motor gratis oleh moda angkutan kereta api ini telah diatur oleh pemerintah melalui Menteri Perhubungan dengan tetapan masa angkutan lebaran 2016 mulai 24 Juni hingga 17 Juli 2016.

“Pada angkutan Lebaran 2016 kali ini, PT KAI Daop 8 Surabaya melayani angkutan motor gratis,” jarnya, Jumat (22/4).

Khusus untuk area Daop 8 Surabaya, angkutan motor gratis akan dilayani di Stasiun Pasarturi dan Stasiun Babat, tepatnya di Kantor Ekspedisi PT Lintas Nusantara Persada (PT LNP). Pendaftaran angkutan motor gratis untuk masa arus balik Lebaran 2016 sudah bisa dilakukan mulai hari Kamis, 21 April 2016 hingga H-8 keberangkatan.

Masyarakat yang hendak mendaftar diharuskan membawa KTP, SIM dan STNK asli yang masih berlaku, beserta masing-masing 3 lembar fotokopiannya. Nama pengirim harus disesuaikan dengan nama pemilik sepeda motor. Pendaftar juga wajib menunjukkan bukti pembelian tiket balik, baik dengan menggunakan kereta api, bus, atau travel minimal untuk tiga orang dalam satu keluarga (2 orang dewasa dan 1 anak maksimal berumur 11 tahun).  

Penyerahan sepeda motor untuk proses pengepakan dan pengangkutan ke dalam gerbong kereta dilakukan pada H-1 (1 hari sebelum pemberangkatan) di tempat mendaftar angkutan motor gratis. Di Daop 8 Surabaya, kereta api angkutan motor gratis arus balik akan dioperasikan selama 7 hari, yakni mulai tanggal 10-16 Juli 2016.

Stasiun-stasiun yang akan dilewati dalam perjalanan dan pemberhentian Kereta api angkutan motor gratis untuk Daop 8 Surabaya diantaranya adalah Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Babat, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Cepu, Stasiun Ngrombo, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jakarta Gudang.

   
Penulis: