Bukan Recall, Motor BMW R1200GS Dianjurkan Ikut Kampanye Servis

 1630 views

Jakarta Motorrad mengumumkan secara bahwa para pemilik sepeda BMW R1200 GS dan R1200 GS harus memasukkan mereka ke bengkel resmi BMW lantaran ditemukan permasalahan pada batang fork (shockbreaker) yang dikhawatirkan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

BMW R1200GS – www.bennetts.co.uk

Pabrikan ternama asal Jerman ini melakukan langkah tersebut usai memperoleh beberapa keluhan dari pemilik kedua motor tersebut di sejumlah negara. Mereka menerima laporan jika shockbreaker bisa rusak, terjadi kebocoran oli, dan bahkan dalam kasus yang ekstrem seperti ketika mengalami hentakan kuat di jalanan offroad berpotensi untuk terlepas. Bahkan ada pula pengguna yang mengaku komponen itu rusak walau digunakan untuk melalui jalanan yang mulus.

Baca juga:   Yamaha Tracer 7 GT 2021 Resmi Mendarat, Makin Asyik Buat Touring

Permasalahan serius ini rupanya bersumber dari jarak antara tabung garpu dengan segel tekanan. Oli dapat menyembur keluar dan menimbulkan suara berdecit yang mengakibatkan kontrol jadi terganggu. Walau demikian, BMW Motorrad enggan menggolongkan kasus ini sebagai recall, namun lebih tepatnya adalah kampanye servis (service champaign).

Kampanye servis ini berlaku untuk 150.000 R1200GS di seluruh dunia, termasuk Indonesia. CEO BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans menegaskan bahwa ada perbedaan yang nyata antara recall dengan kampanye servis yang digalakkannya saat ini.

Baca juga:   AHM Rilis All New Honda CBR250RR Repsol Edisi Terbatas, Harga Rp 72 Juta

“Ini bukan recall loh. Jadi ini adalah service campaign, di mana kami hanya diminta untuk memeriksa. Apakah ada potensi kebocoran suspensi atau tidak? Kalau tidak ada indikasi, maka unit tidak perlu di kami apa-apakan. Sementara kalau recall sendiri, itu wajib dilakukan penggantian, karena adanya cacat desain atau produksi,” jelas Joe seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Joe mengatakan jika service unit motor BMW R1200GS ini sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. “Kami hanya info ke konsumen kalau waktunya sudah ada, kemudian bawa ke bengkel resmi, dan kami bisa bantu periksa unitnya,” ungkapnya.

Baca juga:   Motor Petualang Benelli TRK 502 & TRK 502 X Hadir dengan Ubahan Baru

Joe menegaskan jika gangguan lebih tepatnya bukan terjadi pada tabung, tetapi cover sil di bagian atas tabung. BMW Motorrad memang dilaporkan sengaja memilih Service Champaign lantaran yang dikeluarkan lebih murah dibandingkan recall.

   
Penulis: