Ini Dia Kelebihan Motor Sport Yamaha Xabre yang Membuatnya Lebih Laris dari Vixion

 3801 views

Pada 26 Januari 2016 lalu, PT Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan unit motor terbarunya, Yamaha Xabre. Tak tanggung-tanggung, pihak YIMM menggandeng superstar untuk membuka selubung motor berkapasitas 150cc tersebut dalam suatu acara di Nusa Dua, Bali.

yamaha xabre valentino rossi – beritagar.id

 

Meski Yamaha sudah punya New V-ixion, namun Yamaha Xabre menawarkan pengalaman yang lain saat mengendarai motor jenis naked street fighter. Bisa dibilang, Yamaha Xabre merupakan generasi “telanjangnya” Yamaha R15 yang sebelumnya memang tidak ada.

Untuk sektor dapur pacunya, Yamaha membekali motor ini dengan bawaan Yamaha YZF-R15 yaitu bertipe 4-stroke, single cylinder, SOHC, 4 valve, liquid-cooled, berkapasitas 149cc. Dengan bekal tersebut, Yamaha Xabre mampu memuntahkan tenaga 12 kW pada putaran 8.500 rpm dan torsi puncak 14,3 Nm pada putaran 7.500 rpm, yang disalurkan melalui sistem transmisi enam percepatan.

Namun tak cuma itu, Yamaha Xabre juga memiliki kelebihan lain dibanding motor sejenis. Berikut beberapa di antaranya.

  • Desain motor ini sangat kental bernuansa street fighter. Ini tampak pada lekukan-lekukan tajam di sekujur bodinya yang cukup memanjakan mata.
  • Yamaha Xabre sudah mengusung lampu LED, baik pada bagian headlamp, bagian tail lamp, dan juga panel speedometer.
  • Meski mengusung platform dari Yamaha R15, namun Yamaha Xabre memiliki riding position adjust sehingga performa berkendara juga berbeda. Karena itu, motor ini sangat nyaman digunakan untuk wheelie atau sliding.
  • Dengan performa mesin yang gahar, Yamaha Xabre memiliki akselerasi lebih bagus dibanding pendahulunya, Yamaha R15, terutama pada tarikan putaran bawah. Selain itu, urusan handling juga sangat nyaman.
  • Penanaman suspensi upside down pada sisi depan, yang mungkin belum dimiliki motor lain yang sejenis, menawarkan stabilitas tinggi serta bisa disesuaikan ketinggiannya mengikuti kontur jalan. Suspensi belakang monoshock juga cukup nyaman saat digunakan berboncengan, terutama ketika melewati jalanan bergelombang.
  • Penjejalan swingarm die cast aluminium turut memberikan aroma dan juga kesan kokoh pada Yamaha Xabre.
  • Meski belum mengusung sistem ABS (Anti-lock Braking System), namun pengereman berjenis single disc atau cakram untuk bagian depan dan belakang terbilang cukup pakem dan aman.
   
Penulis: