Jenis-jenis Velg Sepeda Motor, Kelebihan dan Kekurangannya

 12827 views

Jika Anda berkecimpung dalam atau memiliki kendaraan bermotor, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan velg. Velg atau rim merupakan lingkaran luar logam yang tepi bagian dalam dari ban sudah terpasang pada kendaraan. Sebagai contoh, para roda , di tepi lingkaran yang besar menempel pada ujung luar dari jari-jari roda yang memegang ban dan tabung.

velg cast wheel – www.top1.co.id

 

Dilihat dari bahan pembuatannya, velg dapat dibagi menjadi tiga , yaitu velg besi, velg aluminium, dan velg yang dibuat dengan cara cetak atau biasa disebut cast wheel (CW). Berikut uraian singkat masing-masing velg tersebut.

Velg Besi (Velg Jari-Jari)

Velg ini terbuat dari logam besi yang bagian luarnya dilapisi krom. Velg jenis ini terkenal karena kekuatannya menahan beban dan karenanya sering digunakan pada motor enduro atau motocross. Velg jenis ini juga lebih aman digunakan di jalanan berlubang karena sanggup meminimalkan getaran pada dan roda. Selain kuat, biaya produksi velg jenis ini juga paling murah jika dibandingkan dua velg lainnya.

Namun kekurangannya, velg besi ini mudah terserang karat jika tidak dirawat dengan baik dan teratur. Tak cuma itu, velg ini juga cenderung tidak stabil jika digunakan hard breaking dan tidak cocok untuk pemakaian ban tubeless.

Velg Aluminium

Velg jenis ini terkenal karena memiliki bobot yang ringan jika dibandingkan velg lainnya. Selain itu, velg aluminium ini juga lebih tahan terhadap karat sehingga cukup sering digunakan pada motor jenis drag bike atau road race. Namun, karena terbuat dari aluminium, velg ini juga memiliki biaya produksi yang lebih besar dibandingkan velg besi. Selain itu, velg aluminium juga tidak terlalu kokoh untuk menahan benturan keras dan ketika digunakan untuk menahan bobot motor yang berat.

Velg Cast Wheel (Velg CW)

Velg cast wheel biasa disebut juga velg racing atau velg palang karena sering digunakan untuk kepentingan motor balap (racing). Keunggulan velg jenis ini adalah bentuknya yang rigid atau kokoh sehingga stabil ketika digunakan untuk kebut-kebutan. Selain itu, karena memiliki palang yang sedikit, velg ini juga lebih mudah dibersihkan, selain sangat cocok dipasangkan dengan ban tubeless.

Untuk bobotnya, velg ini rata-rata memiliki bobot yang sama dengan velg besi, meski ada yang lebih ringan karena menggunakan bahan dasar logam magnesium. Sementara untuk biaya produksi, relatif lebih mahal dibandingkan dua velg lainnya. Di samping itu, velg racing juga lebih rentan mengalami kerusakan, terutama jika sering menghantam lubang.

   
Penulis: