Kawasaki ER650H, Varian Terbaru ER6 atau Ninja 650?

361 views

Publik dalam negeri, terutama mereka yang menyukai , pasti sudah tidak asing lagi dengan motor ER-6n buatan . ER-6n merupakan motor yang masuk pasaran pada akhir 2011 lalu. Kuda besi ini didesain bagi para pencinta motor gede (moge) dengan power, akselerasi, balance, riding position yang nyaman, dan bodi street fighter aerodinamis.

Kawasaki ER6n - www.kawasaki-motor.co.id

Kawasaki ER6n - www.kawasaki-motor.co.id

 

Di balik harganya yang selangit (saat ini Rp106,2 jutaan), motor ini memang dilengkapi dengan mumpuni. Sebut saja isi silinder mesin yang mencapai 649cc. Mesin empat langkah itu dipadukan dengan 2 silinder sejajar, DOHC, 8 katup, sehingga mampu menyemburkan tenaga mencapai 53kW (72,1 PS) pada putaran 8.500 rpm dan torsi puncak menembus 64 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Di samping itu, sistem bahan bakar motor ini juga sudah mengadopsi injection. Motor dengan bobot mencapai 204 kg ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman disc brake di kedua rodanya untuk pengamanan, posisi air intake duck untuk pasokan udara ke mesin yang berada di celah antara rangka bentuk double-pipe, dan suspensi belakang berada di samping kanan dan lebih merunduk.

Baca juga:   Ninja H2R, Motor Balap Berharga Rp1 Miliar

Terbaru, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dikabarkan bakal merilis model teranyar moge ini. Hal ini diketahui dari Tanda Pendaftaran (TPT) Kementerian Perindustrian yang terlihat kode seri motor tersebut, yaitu ER650H. Per akhir Oktober 2016, motor ini telah memiliki status “selesai” dan mungkin tidak lama lagi bakal dirilis di Indonesia.

Bocoran penampilan versi terbaru ER-6n ini sendiri sudah banyak beredar di dunia maya. Motor tersebut tampil dengan lebih sangar dan gahar. Meski masih menggunakan sasis lama, tetapi sektor buritan dan headlamp mengalami inovasi yang lebih macho dan kental aura street fighter. Bisa dibilang, ER-6n terbaru ini merupakan versi naked dari New Ninja 650 yang belum lama ini diluncurkan di Jerman.

Selain itu, ada spekulasi lain yang menyebutkan bahwa Kawasaki dengan kode ER650H merupakan Ninja 650 terbaru. Kawasaki Ninja 650 sendiri menggunakan basis mesin yang sama dengan ER6, yaitu berkapasitas 649cc, DOHC, 8 Valve, injection. Jadi, kita tunggu saja jawaban pastinya di ajang IMOS 2016 karena PT KMI dikabarkan bakal memboyong motor ini ke gelaran tersebut.

author

Comments are closed.