Kekurangan Yamaha Byson, Versi Lawas dan FI

 21118 views

Byson merupakan salah satu sport keluaran yang pertama kali diluncurkan di pada tahun 2010 silam. Bermain di segmen 150cc, motor ini memiliki yang kokoh sehingga cocok bagi mereka yang hobi berpetualang.

www.eswete.net

 

Bodi yang besar tampak gagah dengan tangki berjenis strong muscle tank yang terlihat menjulang tinggi, sehingga mampu memberikan kenyamanan kepada pengemudinya untuk duduk berlama-lama di atas motor. Sementara, teknologi double piston breaking system yang mampu memberikan ketepatan rem membuat keamanan pengendara menjadi lebih terjamin.

Beralih ke sektor dapur pacu, Yamaha Byson lawas masih menggunakan berbasis karburator, SOHC, 2-Valve, 4-stroke, berpendingin udara, berkapasitas 153cc. Dengan bekal tersebut, motor ini mampu menghasilkan tenaga hingga 13,73 hp pada putaran 7.500 rpm, serta torsi maksimal 13,6 Nm pada putaran 6.000 rpm.

Sementara, Yamaha Byson terbaru yang diluncurkan 2015 lalu, sudah menggunakan teknologi fuel . Namun, versi ini mengusung mesin yang lebih kecil yaitu 149cc, SOHC, single cylinder, dan mampu meletupkan daya 8,61 kW pada putaran 8.000 rpm, serta torsi puncak 12,98 Nm pada putaran 6.000 rpm.

Selain memiliki kelebihan, Yamaha Byson juga tak lepas dari kekurangan. Berikut beberapa kekurangan Yamaha Byson yang kerap dikeluhkan konsumen.

  • Belum menggunakan rem cakram pada roda belakang, alias masih menggunakan rem tromol atau drum brake, baik pada Byson versi lawas maupun Byson FI. Hal ini mengakibatkan sistem penghenti laju kurang mampu mengimbangi akselerasi dan kecepatan yang dimiliki motor.
  • Shock depan kurang nyaman, terutama jika digunakan untuk melintasi jalanan yang bergelombang.
  • Akselerasi yang cenderung lemah di putaran bawah. Ini dimungkinkan setelan klep yang terlalu longgar.
  • Desain cover bagian samping Yamaha Byson FI dinilai terlalu terbuka. Selain itu, throttle body juga dapat terlihat dengan jelas. Hal ini membuatnya rawan disentuh oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Power pada mesin Byson FI merupakan yang terendah di kelas 150cc.
  • Yamaha Byson tergolong tinggi untuk kelas 150cc, sekitar Rp21,5 jutaan untuk versi lawas. Sementara Yamaha Byson FI dibanderol Rp21,65 jutaan.
   
Penulis: