Mensos Imbau Hendaknya Anak Jangan Dibawa Saat Mudik dengan Sepeda Motor

 3472 views

JAKARTA-Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengimbau kepada masyarakat agar sebaiknya anak-anak tidak diajak dengan menggunakan sepeda , karena hal ini dinilai akan membahayakan keselamatan mereka.

“Kalau anak sebaiknya jangan diajak naik motor. Terbayang tidak kalau misalnya di tengah jalan lelah, dipaksa jalan supaya cepat sampai bisa terjadi sesuatu hal-hal yang tidak kita harapkan karena kelalaian-kelalaian,” ungkap Mensos di Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Kelalaian yang dimaksud oleh Menteri Sosial Khofifah antara lain seperti jika mudik dengan menggunakan kelebihan sehingga sepeda motor yang tidak terkendali karena biasanya pengemudi menginginkan segera sampai di tujuan sementara jarak yang ditempuh yang lumayan jauh menyebabkan kelelahan.

Mudik menjadi budaya dan tradisi bagi masyarakat untuk kembali berkumpul bersama dengan keluarga di kampung halaman masing-masing ketika Hari Raya Idul Fitri tiba.

Masyarakat menempuh berbagai cara untuk bisa pergi mudik dan memanfaatkan segala macam transportasi termasuk sepeda motor untuk mudik yang tentunya lebih menghemat biaya.

Namun tak jarang hal itu membawa dampak yang negatif. Lalu lintas jalan yang padat mengakibatkan setiap tahun kecelakaan saat arus mudik terus terjadi bahkan angkanya cukup tinggi dari tahun ke tahun.

Menurut Menteri Sosial, untuk mendukung kelancaran arus mudik, maka Kementerian Perhubungan telah menyiapkan berbagai alternatif dan tempat peristirahatan bagi para pemudik termasuk juga untuk pemudik yang mengendarai sepeda motor.

“Dalam rapat terbatas kemarin dilaporkan begitu, disiapkan ‘rest area’ yang juga menyediakan konseling dan tempat bermain anak, sehingga anak tidak stress karena kelelahan,” kata Mensos.

   
Penulis: