Monstrac Enduro MTR 200X, Motor Trail Lokal yang Galak

 1081 views

Ceruk yang selama ini nyaris terlupakan, sekarang mulai dilirik sejumlah ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) di Indonesia. Selain pabrikan asal Jepang, merek asal China, Korea Selatan, dan lokal juga mulai merambah segmen motor penggaruk tanah, salah satunya Monstrac.

Monstrac Enduro MTR 200X – maskurmambang.com

 

Monstrac sebenarnya sudah mulai menggarap segmen motor trail di Indonesia sejak tahun 2007 lalu. Menggunakan asal Korea Selatan dan sasis dari China, motor trail keluaran Monstrac kemudian dirakit di Jakarta. Jika sebelumnya Monstrac hanya beredar di sekitaran Pulau Jawa dan Kalimantan, namun kini merek tersebut sudah menyasar pasar otomotif di tanah Sumatera.

Melalui PT Maju Bersama Surya Indah Motor (MBSIB) selaku ATPM, sudah ada beberapa varian motor trail yang dirilis Monstrac ke Tanah Air, salah satunya Monstrac Enduro MTR 200X. Secara tampilan, desain motor ini memang tidak jauh berbeda dengan motor yang bermain di segmen yang sama. Monstrac Enduro MTR 200X juga mengusung ban beralur dalam untuk melaju di medan yang terjal, desain tempat duduk dengan ketinggian rendah, serta bentuk bodi yang ramping.

Berbicara tentang bentuk bodi yang ramping, Monstrac Enduro MTR 200X hanya memiliki beban sekitar 120 kg saja. Kemudian, suspensi depan dan belakang sudah mengaplikasikan mekanisme Auto Adjustment sehinga daya penyerapan beban lebih maksimal ketika motor dibawa melaju di permukaan tanah yang labil.

Di bagian jantung pacu, pabrikan menanamkan mesin 4-stroke, SOHC, 4 katup, berpendingin oil, berkapasitas 200,4cc. Dengan bekal tersebut, Monstrac Enduro MTR 200X diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal 11,5 kW atau 15,4 HP pada putaran 9.000 rpm melalui transmisi manual 5 percepatan.

Monstrac Enduro MTR 200X hadir dalam beberapa pilihan yang menarik, di antaranya kuning dan merah. Ketika pertama kali dirilis, motor ini dibanderol dengan mulai Rp19,6 juta. Sekarang, bekas motor tersebut ditawarkan mulai Rp11 jutaan. Berikut teknis Monstrac Enduro MTR 200X.

Dimensi 2.190 x 800 x 1.160 mm
Berat 120 kg
Jarak Sumbu Roda 1.425 mm
Tipe Rangka Wet Multi-Plate Type
Suspensi Depan Upside Down Auto Adjustment
Suspensi Belakang Monoshock Auto Adjustment
Ban Depan 275-21
Ban Belakang 410-18
Rem Depan dan Belakang Disc Brake
Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, 4 katup, oil-cooled, silinder tunggal
Mesin 200,4cc
Daya Maksimum 11,5 kW @ 9.000 rpm
Transmisi 5-speed
Starter Electric & Kick
   
Penulis: