Motor 2-Tak Terbaru

 3045 views

Era dengan 2-tak saat ini memang seperti mati suri. Emisi berlebihan menjadi salah satu penyebab kenapa ini mulai ditinggalkan. Beberapa perusahaan pun sepertinya ogah untuk memproduksi dengan mesin 2 langkah ini.

Meski begitu, ada beberapa pabrikan yang tetap meluncurkan lini motor 2-tak terbarunya. Pamor mesin 2-tak yang mengandalkan dan akselerasi mengagumkan memang masih menjadi daya tarik bagi pencinta otomotif. Hal ini membuat beberapa pabrikan tak ragu untuk menggeber motor 2 langkah. Nah, berikut bebrapa motor 2-tak terbaru yang  meluncur di rentang waktu 2014-2015.

Ronax 500

Jika melihat tampilan motor ini, sepintas pikiran kita akan melayang ke ajang GP500 era 200-an ketika Mick Doohan dan Alex Criville masih berlaga. Tampilan Ronax memang sedikit mirip dengan NSR500 yang pernah dikendarai Valentino Rossi pada tahun 2001-2002 silam.

Ronax 500 adalah motor termahal dunia untuk kategori fairing. Motor buatan Jerman ini mengusung desain sporty dengan suspensi dan pengereman ala balap, seperti suspensi depan Ohlins 43 mm, kaliper forged monoblock dari Brembo, serta sepasang cakram 320 mm pada roda depan. Sementara, suspensi belakang mengandalkan Ohlins TTX, dengan kaliper forged aluminium untuk cakram 210 mm.

Di sektor jantung pacu, Ronax 500 ditenagai mesin injeksi berkapasitas 499cc, 4-silinder, 80 derajat kemiringan. Motor ini mampu menyemburkan tenaga hingga 160 ps pada putaran mesin 11.500 rpm. Satu unit Ronax 500 dibanderol dengan Rp1,6 miliaran.

Ronax 500

Ninja RR Mono

Pada tahun 2014 lalu, pabrikan Kawasaki merilis Ninja RR Mono, yang diharapkan menjadi suksesor Ninja RR 150cc. Motor ini mengusung banyak hal baru selain mesinnya yang menggunakan 1 silinder.

Kawasaki Ninja RR Mono menggunakan sasis teralis yang terbuat dari high-tensile steel untuk menjaga keseimbangan pengendara. Desain bodinya sendiri memiliki tampilan sporty dan sangat modern. Sementara, bobot motor ini tergolong ringan, yaitu sekitar 15 kg dan wheelbase 1.330 mm serta lebar 685 mm.

Untuk sektor jantung pacu, Kawasaki Ninja RR Mono dibekali mesin 2-tak injeksi berjenis liquid-cooled, 4-stroke, 1 silinder, DOHC, dengan mesin 250cc. Tenaga yang bisa dihasilkan motor ini mencapai 20,6 kW pada putaran mesin 9.700 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 22,6 kW pada putaran mesin 8.200 rpm.

Kawasaki Ninja RR Mono

Vins Powerlight

Mungkin nama Vins Motors masih terlalu asing di telinga publik otomotif Tanah Air. Namun, kiprah mereka di industri otomotif global sudah cukup diperhitungkan. Di saat pabrikan lain malas memproduksi motor 2-tak, lain halnya dengan Vins. Pabrikan motor asal Hong Kong itu resmi memperkenalkan motor 2-tak terbarunya, yaitu Vins Powerlight, pada ajang EICMA 2015 di Milan beberapa waktu lalu.

Vins Powerlight mengusung bodi dengan menggunakan konstruksi monocoque frame atau bodi sekaligus berfungsi sebagai rangka yang terbuat dari carbon fiber. Selain itu, suspensi depannya berlabel Hossack-Style Forks yang juga menggunakan carbon fiber. Sementara, velg dan swingarm-nya juga dibuat secara handmade serta menggunakan material serat karbon.

Untuk sektor dapur pacu, Vins Powerlight menggendong mesin 2-tak, 90 derajat, V-Twin, berpendingin cairan, serta berkapasitas 100cc. Desainer Vins juga mengklaim bahwa mesin 2-tak yang diusung kali ini tetap ramah lingkungan karena teknologi Direct Injection V-Twin mampu menghasilkan emisi gas buang yang rendah. Sementara untuk bobot motor, Vins Powerlight diklaim memiliki bobot 40 kg lebih ringan dibanding motor sejenis.

Vins Powerlight

   
Penulis: