Motor Bebek Malaysia Bakal Mengaspal di Pasar Otomotif Indonesia?

 122 views

-.info - Selain motor keluaran asal Asia Timur dan beberapa dari merek Eropa, pasar otomotif dikabarkan bakal kedatangan satu lagi merek asal luar negeri, yaitu SM Force dari Malaysia. Brand asal Negeri Jiran ini diberitakan akan ikut bermain dalam segmen motor nasional, meski belum diketahui jadwal pastinya.

SM 110R – news.okezone.com

Baru-baru ini, SM Force, yang merupakan brand untuk pasar domestik maupun ekspor, meluncurkan varian motor bebek teranyar mereka yang terangkum dalam seri SM Sport 110R. ini merupakan hasil kolaborasi perusahaan dengan MForce Bike Holdings selaku distributor lokal untuk Benelli, Keeway dan SYM, serta Qian Jiang Motorcycle.

Seperti dikutip dari laman Paultan, SM Sport 110R menggendong 4-stroke, berkapasitas 109cc, dengan pendingin udara, silinder tunggal, dan mampu menyemburkan daya maksimal 6,4 HP pada putaran 7.500 rpm dan menggapai torsi puncak 7 Nm pada putaran 7.000 rpm. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, sepeda motor ini juga didukung transmisi manual empat percepatan, dan kabarnya telah memenuhi standar emisi Euro3.

Untuk -fitur lainnya, motor dengan bobot mencapai 105 kg tersebut telah didukung dengan kick starter dan electric starter, serta LED di headlamp (lampu utama), sein, dan lampu belakang. Sementara, sektor pengereman mengandalkan tipe cakram 220 mm di roda depan dan teromol di roda belakang. Tidak ketinggalan, pabrikan juga melengkapinya dengan kompartemen di bawah jok dengan kapasitas 10 liter serta port USB.

Di pasar Malaysia, SM Sport 110R bakal bersaing dengan Yamaha Lagenda 115Z. Motor buatan Negeri Sakura itu membawa mesin berkapasitas 117cc, satu silinder, SOHC, yang mampu menghasilkan tenaga 9,92 HP pada putaran 7.750 rpm dan mencapai torsi puncak 9,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. Belum lama ini, Yamaha melakukan penyegaran terhadap Lagenda 115Z, namun hanya sebatas penambahan warna saja.

SM Force dan MForce menargetkan SM Sport 110R mampu terjual sebanyak 2.000 untuk pasar Malaysia hingga akhir tahun 2017. Jika digabung dengan pasar ekspor, pabrikan berharap bisa menjual sekitar 8.000 unit SM Sport 110R di tahun ini. Selain Indonesia, tujuan lainnya untuk ekspor motor ini adalah Singapura dan Sri Lanka.

   
Penulis: