Motor Futuristik Honda NM4 Vultus 2018 Meluncur Perdana di Amerika

 3542 views

bergaya futuristik, NM4 Vultus akhirnya mengalami penyegaran. Amerika dipercaya sebagai negara pertama yang mengenalkan NM4 Vultus generasi 2018 usai beberapa waktu lalu diperkenalkan di Osaka, Jepang.

Honda NM4 Vultus – www.autotrader.ca

American Honda Motor Co. akan memulai motor NM4 Vultus pada Juni 2017 mendatang. “Dari waktu ke waktu seiring tahun berjalan, Honda terus mengembangkan gaya yang kontroversial seperti Pacific Coast, Rune, Big Ruckus dan DN-01,” kata Lee Edmunds, Manager of Motorcycle Marketing Communication American Honda Motor, Selasa (4/4).

Motor futuristik ini sendiri diluncurkan perdana dalam ajang Osaka Motorcycle Show 2014 dalam wujud purwarupa. Namun saat mulai dipasarkan, dunia dibuat terkejut karena tampilannya sangat mirip dengan versi konsep. Edmunds sendiri mengaku jika Vultus bukanlah jenis mainstream yang akan disukai banyak orang.

“NM4 termasuk dalam tradisi ini, bentuk motornya memang bukan untuk selera semua orang, modelnya sangat eksklusif, tapi itu tujuannya. Motor ini terbukti laris di segelintir yang ternyata berasal dari daerah beragam. Mulai dari kaum penggemar teknologi atau millennial, orang tua juga wanita. Mereka adalah pembeli Vultus yang kami ingin berikan kesempatan untuk menjelajah jalanan dengannya,” paparnya.

PT Astra Honda Motor () sendiri tak ketinggalan memboyong motor Vultus ke lini motor gede (moge) melalui jaringan Honda Big Bike. Beberapa bulan lalu, Honda NM4 Vultus dibanderol dengan Rp 435 juta.

Namun di Amerika NM4 Vultus menggunakan 670 cc yang kapasitasnya lebih ringkas 80 cc dari versi yang ada di Indonesia. berpendingin cairan tersebut kini memiliki tabung knalpot yang lebih besar dari generasi sebelumnya dan memakai kombinasi warna chrome dan hitam yang terlihat lebih garang.

Tenaga NM4 Vultus disalurkan oleh girboks otomatis Dual Clutch (DCT) atau kopling ganda. Transmisi mirip transmisi manual ini dioperasikan melalui 2 buah kopling otomatis agar perpindahan gigi bisa dilakukan secara cepat. Di Amerika harganya USD 11.299 atau sekitar Rp 150 juta.

Sayangnya keunikan motor ini tampaknya tidak disambut terlalu antusias oleh pasar Indonesia. Sepanjang 2016 NM4 Vultus hanya terjual sekitar 16 unit. Oleh sebab itu AHM pun memutuskan berhenti memasarkan Honda NM4 Vultus dan masih akan mempertimbangkan apakah hendak menjualnya kembali atau mengganti dengan lain.

   
Penulis: