Motor Ini Bisa Terbang Layaknya Helikopter! Harganya Bikin Gigit Jari

Jakarta yang berkembang dalam otomotif kini sudah semakin . Jika sebelumnya berkembang bertenaga listrik yang diklaim lebih ramah lingkungan, belakangan muncul lagi pengembangan teknologi baru yang memungkinkan seseorang mengendarai sepeda terbang. Bukan hanya sekadar , terbang ini bahkan kabarnya telah dijual untuk dipakai sebagai kendaraan operasional kepolisian Dubai.

Hoversurf Hoverbike – www.carsifu.my

Perusahaan asal Rusia yang bermarkas di California, Amerika Serikat, Hoversurf menjual motor terbang besutannya secara massal. Motor yang mengusung nama Hoverbike tersebut merupakan hasil pengembangan dan dijual dalam jumlah terbatas. Menurut situs resminya, untuk memesan Hoverbike, calon pembeli harus membayar uang tanda jadi alias down payment (DP) sebesar USD 10 ribu atau sekitar Rp 147 jutaan apabila dikonversikan dalam rupiah. Proses inden-nya pun cukup lama, hingga 6 bulan. Harga jual Hoverbike pun cukup mahal, yakni 150.000 dolar AS atau mencapai Rp 2,2 miliar.

Hoversurf S3 pekan ini kabarnya telah diserahkan pada kepolisian Dubai yang langsung melakukan pelatihan untuk mengendarai kendaraan futuristik tersebut. “Saat ini kami punya dua kandidat petugas kepolisian yang tengah berlatih. Diharapkan jumlahnya akan bertambah di masa depan,” kata General Director Dubai Police Brigadir Khalid Nasser, Selasa (13/11), seperti dilansir The Drive.

Khalid menjelaskan bahwa kepolisian Dubai membutuhkan motor terbang tersebut karena memiliki kemampuan vertikal take off dan landing yang dibutuhkan untuk operasi keselamatan di daerah-daerah terpencil. Hingga tahun 2020, kepolisian Dubai berharap bisa memiliki Hovercraft lebih banyak.

Sementara itu, COO Hoversurf Joseph Segura-Conn mengaku siap memperoleh masukan terkait penjualan motor terbang tersebut. “Mereka akan memberi tahu kami dalam beberapa bulan ke depan. Bila mereka ingin 30 sampai 40 unit, akan kami buat untuk mereka,” ucap Joseph.

Hoverbike tersebut mengusung penggerak bertenaga listrik dengan baterai lithium berkapasitas 12,3 kilowatt hours. Motor ini disebut-sebut dapat terbaik dengan rider maupun tanpa rider. Jika tanpa rider, motor ini bisa terbang hingga 40 menit di udara. Sedangkan jika sambil dikendarai, waktu terbangnya lebih singkat, hanya 10-25 menit.

Motor yang mempunyai bobot 114 kg ini dilengkapi 4 baling-baling dan mesin baru, dengan tenaga pada masing-masing motor baling-baling meningkat jadi 33 kW. Yang lebih menarik lagi, Hoverbike juga didukung fitur terbang dan mendarat secara . Motor ini dianjurkan terbang dengan jarak aman 5 meter dari tanah dengan kecepatan maksimum 96 km per jam.

   
Penulis: