Motor Listrik Bikinan ITS Sudah Masuk Tahap Uji Coba

 1872 views

Jakarta – Mimpi masyarakat untuk menunggangi listrik karya anak bangsa tampaknya akan segera terwujud. Proyek listrik hasil inisiasi Institut Sepuluh Nopember () dan PT Garansindo Inter Global yang dasarnya dipamerkan pada ajang International Motor Show (IIMS) 2015 lalu, disebut-sebut sudah masuk dalam tahap uji coba.

www.liputan6.com

 

Menggembirakannya lagi, masyarakat sudah bisa melihat penampakan motor bergenre matik ini di ajang IIMS 2016 pada April mendatang.

“Kami sudah siap, prototipe sudah jadi, April nanti akan diperlihatkan kepada masyarakat umum,” ujar Muhammad Nur Yuniarto, Kepala Peneliti Kendaraan Listrik ITS di Jakarta Selatan, Rabu (24/2).

Mengandalkan listrik 7kWh, motor ini menjanjikan maksimum hingga 100 km/jam. “ ini setara bensin berkapasitas 110 cc,” katanya.

Dalam sekali pengisian baterai, motor ini dapat melaju hingga jarak 90-100 km. “Mengisi baterai untuk normal charging 4 jam. Tapi bila pakai daya yang lebih besar, bisa 1,5 jam,” tutur Yuniarto.

Pihak peneliti juga telah melakukan uji coba ketahanan mesin, dan hasilnya cukup memuaskan. “Untuk membuktikan handal atau tidaknya motor ini, kami siap mengujinya sejauh 3.000 kilometer,” pungkasnya.

Ditanya mengenai kapan motor listrik ini mulai diproduksi secara massal, Presiden Direktur Garansindo Muhammad Al Abdullah menjawab singkat.

“kita lihat 2017, Indonesia bakal punya listrik nasional.” tutup pria yang akrab disapa Memet ini.

   
Penulis: