Vespa Corsa 125, Pioner Skuter Matik di Indonesia

 5554 views

Orang kebanyakan menganggap, pioner matik di Indonesia adalah Mio yang pertama meluncur pada tahun 2004. Namun ternyata, jauh sebelum Mio dirilis, sudah melenggang duluan dengan produk matiknya bernama Corsa 125, yang dirilis di Tanah Air pada tahun 1991 silam. dengan nama lain PK 125 itu, bahkan sudah lahir pada tahun 1983 di negara asalnya, .

www.flickr.com

 

Corsa 125 diproduksi oleh PT Dan Motor Indonesia (PT DMI) sebagai salah satu ATPM lokal produk Piaggio saat itu. Diproduksi pada kisaran tahun 1991 hingga 2006, skuter matik ini mendapat apresiasi yang lumayan baik dari penggemar Vespa.

Seperti diuraikan sebelumnya, Corsa 125 merupakan cikal bakal Vespa modern karena mengusung otomatis. Kehadiran Vespa otomatis ini ditandai dengan hilangnya pedal rem belakang yang biasanya terdapat di pijakan kaki sebelah kanan. Fungsi pedal rem tersebut digantikan oleh sebuah tuas yang berada di stang sebelah kiri, sekaligus menggantikan posisi tuas kopling yang terdapat pada Vespa manual.

Dari sisi tampilan, Corsa 125 mengusung modern layaknya Vespa matik . Dimensi tubuhnya lebih kecil dibanding Vespa lainnya karena menggunakan platform Vespa Small Frame, seperti Vespa PTS. Bagian depannya mengusung lampu utama berbentuk bulat dan sein di kedua sisi sayapnya.

Sementara, jok pengemudi dan penumpang dibuat menyatu dengan bentuk tubuh bagian belakang yang lebih ramping. Ini untuk menyesuaikan dengan desain mesin yang simpel dan boks tempat ban cadangan yang tidak menggelembung. Desain bagasi depan pun terlihat pas, sehingga kaki pengendara bisa leluasa bergerak di area dek bawah.

Untuk spesifikasi dapur pacunya, Vespa Corsa 125 menggendong mesin 2-stroke, berpendingin udara, berkapasitas 121,2 cc, dengan ukuran bore x stroke adalah 55 x 51 mm. Dengan bekal tersebut, skuter matik ini mampu memuntahkan daya hingga 6,87 hp pada putaran mesin 5.600 rpm. Sementara, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 90 km/jam.

Salah satu highlight utama Corsa 125 adalah memiliki posisi gear netral yang berfungsi mencegah motor langsung “meloncat” ketika dinyalakan dengan menarik tuas gas terlalu kencang. Jadi, Corsa 125 sangat berbeda dengan skuter matik kebanyakan yang bisa langsung tancap gas ketika mesin menyala.

   
Penulis: