Motor Listrik Harley-Davidson Livewire Meluncur, Kental Nuansa Sport Cruiser

Jakarta – Dalam ajang bergengsi EICMA 2018 di Milan, , pabrikan legendaris asal Amerika Serikat, (HD) meluncurkan sepeda motor pertamanya, Livewire. Setelah dipamerkan dalam bentuk prototipe tahun 2014 lalu, motor yang diklaim ramah lingkungan asal Milwaukee ini dijadwalkan mulai dipasarkan tahun 2019 mendatang.

Harley-Davidson Livewire – www.cnet.com

“Livewire menjadi yang pertama dari deretan sepeda motor listrik HD yang akan menampakkan wujudnya pada 2022. HD menyebut Livewire memiliki dengan kinerja dan jangkauan jalan perkotaan,” demikian seperti dilansir Paultan, Kamis (8/11).

Walaupun hadir sebagai bertenaga elektrik alias electric vehicle (EV), Harley-Davidson Livewire tidak menghilangkan ciri khas yang telah melekat pada produk-produk HD lainnya. Motor listrik ini tetap mengedepankan bodi yang terlihat kekar dan mengusung gaya sport cruiser seperti Harley-Davidson V-Rod, Street-Rod, dan Iron 1200.

Harley-Davidson Livewire mengandalkan sumber daya dari baterai lithium ion berkapasitas 12 Volt yang juga digunakan untuk sumber tenaga lampu utama, instrument display, dan klakson. Daya listrik disimpan dalam sel lithium ion dan dikelilingi oleh pelindung aluminium. Pengisian daya baterai dilakukan dengan on-board tingkat 1 yang terletak di bawah kursi, atau DC Fast Charge (DCFC) charger level 2 atau 3.

Harley-Davidson Livewire 2019 didukung dengan layar sentuh TFT LCD full color yang bisa disesuaikan dengan sudut pandang optimal dan dilengkapi konektivitas Bluetooth. Lalu, untuk bagian kaki-kaki motor listrik Harley-Davidson Livewire memakai suspensi garpu depan Showa SFF-BP yang bisa disesuaikan dan rem depan Monobloc radial-mount yang menjepit cakram dengan diameter 300 mm.

Fitur unggulan lain dari Harley-Davidson Livewire adalah sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) dan traction control dengan 7 mode berkendara, yakni 4 pengaturan pabrik dan 3 mode berkendara kustom yang bisa diatur sendiri oleh sang pengendara.

Sayangnya kecepatan dari Harley-Davidson Livewire masih dirahasiakan. Namun usut punya usut, motor listrik yang diusung oleh Livewire bisa menyemburkan tenaga 74 Tk dengan torsi maksimum mencapai 70 Nm. Kecepatan maksimalnya mencapai 148 km per jam.

   
Penulis: