Bergaya Neo Sports Café, Honda CB650R Melantai di EICMA 2018

Sepeda-.info – Gelaran EICMA 2018 yang sedang berlangsung di Milan, Italia menjadi ajang bagi banyak pabrikan untuk memamerkan sepeda motor terbaru mereka kepada khalayak. Pabrikan asal Jepang, , pun tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan lima sepeda motor anyar, salah satunya adalah CB650R, sebuah untuk kelas menengah.

Honda CB650R – youtube.com

Sebelumnya, pabrikan berlogo sayap mengepak telah memperkenalkan trio naked bike terbaru mereka, yaitu CB1000R, CB300R, dan CB125R. Nah, menyusul para saudaranya, kali ini giliran CB650R resmi melantai, yang mengusung tampilan Neo Sports Café yang unik ke arena kelas menengah. Desain motor produksi ini secara garis besar tidak jauh berbeda dengan konsep yang dipamerkan sebelumnya.

Sepeda motor ini membawa lampu utama yang bulat dan pesek, serta yang terekspos, khas motor naked. Meski berbasis Honda CB650F, namun perusahaan asal Negeri Matahari Terbit menyematkan sasis baru pada varian CB650R sehingga beratnya menjadi 6 kg lebih ringan. Frame ini juga mengubah posisi setang menjadi lebih maju dan rendah, sehingga posisi berkendara menjadi terkesan lebih agresif.

Sebagai kuda besi yang dirancang untuk memenuhi taste lain dari konsumen, Honda mendesain CB650R mereka dengan garis desain yang sama dengan saudaranya sesama Neo Sports Café. Desain tangki dibuat modern dengan shroud yang cukup besar di samping kanan dan kirinya, sedangkan swing arm banana dan knalpot under belly semakin mempertegas kesan terkini sepeda motor ini.

Selain desain, Honda juga membekali CB650R dengan mesin yang berbasis dari model CB650F. Sepeda motor ini menggendong mesin konfigurasi empat silinder, DOHC, berkapasitas 649cc, yang diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal di kisaran 91,24 HP. Tidak lupa, pabrikan pun menyematkan -fitur seperti ABS, slipper clutch, serta traction control.

Sayangnya, hingga artikel ini diterbitkan, Honda belum membocorkan kapan sepeda motor ini akan mulai dipasarkan dan dengan harga berapa. Meski demikian, sejumlah media online luar negeri memberitakan bahwa Honda CB650R nantinya akan ditawarkan dalam empat pilihan , yaitu Candy Chromosphere Red, Graphite Black, Matt Crypton Silver Metallic, dan Matt Jeans Blue Metallic.

   
Penulis: